Gaya Hidup Penyebab Osteoporosis

DokterSehat.Com – Osteoporosis pada manusia yang umurnya masih terbilannyeg muda bisa dikatakan sebuah proses yang sangat tidak alami! Hal itu bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang baik sehingga membuat kualitas kepadatan tulang berkurang dan menjadi keropos sebelum waktunya. Gaya hidup penyebab osteoporosis harus dihindari agar tulang kita tetap kuat, padat, dan bisa bertahan hingga usia tua.

7

Apa sajakah yang termasuk ke dalam gaya hidup penyebab osteoporosis? Artikel ini akan mencoba membahasnya secara ringkas. Semoga bisa menjadi pelajaran dan tambahan keilmuan untuk kita semua.

Gaya hidup penyebab osteoporosis diantaranya :

  • Terlalu sering mengkonsumsi alkohol
    Gaya hidup penyebab osteoporosis selanjutnya adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Layaknya minuman bersoda, minuman beralkohol juga dapat merusak kalsium dan kepadatan tulang sehingga menyebabkan osteoporosis. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi atau kalau bisa hindari sama sekali konsumsi minuman beralkohol tersebut.
  • Kebiasaan merokok
    Zat yang dikandung rokok, yaitu nikotin sangat menganggu kestabilan tubuh, terutama hormon estrogen. Saat hormon estrogen berkurang, maka penjagaan tulang dari kekeroposan menjadi berkurang.
  • Kurang berolahraga
    Olahraga akan membuat tulang, sendi dan otot otot kita terlahir dan terbentuk. Saat tubuh tidak bergerak dengan seharusnya, maka semua akan terasa kaku dan saat digerakkan menjadi kurang lancar. Karena itu, biasakan berolahraga agar bisa terhindar dari osteoporosis.
  • Tidak memperhatikan asupan nutrisi
    Tubuh terbentuk secara alami dan secara disengaja. Pertumbuhan akan terjadi secara alami, namun untuk kadarnya setiap orang akan berbeda satu sama lain, yang ditentukan oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya sebagai media pembangun dan pendukung pertumbuhan tersebut. Demikian pula saat tubuh tidak lagi mengalami pertumbuhan, maka tubuh hanya akan bertahan hingga akhirnya rusak dan sakit. Waktu kerusakan setiap orang akan berbeda satu sama lain, tergantung asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya untuk mempertahankan kondisi setiap organ tubuh kita, termasuk tulang.

    Oleh karena itu, jaga selalu asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Jika ingin terhindar dari penyakit osteoporosis, maka kebiasaan dan gaya hidup penyebab osteoporosis, yakni mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya harus segera diubah.