3 Penyebab Gatal yang Sering Muncul pada Puting Payudara

doktersehat gatal pada puting payudara

DokterSehat.Com – Puting payudara tidak sama dengan bagian tubuh lain seperti kaki atau tangan. Kalau kaki dan tangan mengalami gatal, bisa dengan mudah menggaruknya atau mengoleskan minyak kayu putih. Namun, kalau yang gatal adalah puting payudara, wanita tidak mungkin menggaruknya karena bisa menyebabkan iritasi dan rasa sakit.

Rasa gatal yang terjadi pada puting payudara wanita bisa disebabkan oleh beberapa hal. Yang paling sering adalah tiga gangguan di bawah ini.

  1. Kanker payudara

Salah satu penyebab gatal yang sering terjadi pada puting payudara adalah kanker. Puting payudara akan mengalami sedikit iritasi dengan warna merah dan kerap mengeluarkan carian tertentu meski sedang tidak menyusui.

Kalau Anda merasakan gatal di puting dan sering kambuh, coba cek ada atau tidaknya benjolan di payudara. Kalau ada benjolan, segera lakukan pemeriksaan dokter karena bisa jadi itu kanker payudara.

  1. Gesekan pakaian

Gesekan pakaian menyebabkan ujung payudara mengalami iritasi dan menyebabkan rasa gatal dan kadang disertai sakit yang cukup menyiksa. Untuk mengatasi kondisi ini wanita disarankan untuk mengenakan bra yang terbuat dari bahan lembut dan tidak melukai puting payudara.

Lebih lanjut, kalau sedang olahraga gunakan bra yang agak ketat dan hindari hanya mengenakan kaos saja. Saat tubuh berkeringat, gesekan akan semakin kuat dan menyebabkan gatal yang menyiksa.

  1. Mastitis

Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara. Peradangan ini biasanya terjadi akibat ada penyumbatan saluran air susu akibat infeksi bakteri. Kondisi ini menyebabkan payudara menjadi agak bengkak disertai dengan rasa nyeri dan perih saat menyusui.

Kondisi mastitis ini juga bisa disebabkan oleh eksim. Kondisi ini akan membuat puting payudara jadi kering, bersisik, gatal, dan pecah-pecah.

Nah, semoga kita semua tidak mengalami kondisi di atas ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik