Gatal Pada Rambut Kemaluan, Apa Penyebabnya?

DokterSehat.Com – Gatal-gatal pada rambut? Hal ini biasa terjadi pada mereka yang memang jarang membersihkan rambut dengan rutin. Namun, bagaimana jika yang mengalami gatal-gatal adalah rambut pada area kelamin? Banyak orang yang merasa jika sudah membersihkan seluruh badan, apalagi pada area kelamin dengan sangat bersih. Namun, hal ini ternyata tidak cukup ternyata rambut kemaluan tetap terasa gatal-gatal. Bagaimana hal ini tidak terjadi?

doktersehat-organ-intim-wanita

Kita sering menganggap bahwa mandi dengan rutin dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga area kelamin dan juga rambut kelamin dalam kondisi yang bersih dan higienis. Padahal, area kelamin adalah area yang cenderung sangat lembab karena kita memakai pakaian dalam hampir sepanjang waktu dan bahkan hanya dilepas jika saat mandi saja. Padahal, area kelamin sering kali terkena air jika dibandingkan dengan area tubuh lain dan tanpa kita keringkan dengan benar, kita langsung memakai baju begitu saja sehingga kelembaban pun bisa semakin meningkat dan membuat area rambut kelamin menjadi area yang sangat ideal bagi jamur untuk tumbuh.

Jamur yang berkembang dengan pesat di area rambut kelamin inilah yang menjadi pemicu rasa gatal pada rambut kelamin, apalagi jika rambut kemaluan tidak dirawat dan dibiarkan tumbuh dengan panjang. Kondisi rambut kelamin yang lebih lebat dibandingkan rambut kepala membuat jamur nyaman tumbuh dan membuat kutu pun menghinggapi area rambut kelamin. Kombinasi kutu dan juga jamur tentu akan membuat rasa gatal menjadi semakin hebat dan kita akan sangat ingin menggaruknya. Sayangnya, menggaruk area kelamin justru akan membuat masalah ini menjadi lebih buruk karena adanya infeksi pada area kelamin.

Alih-alih menggaruknya, kita bisa mengurangi rasa gatal dengan memakai bedak yang mengandung bahan menthol yang akan meredakan rasa gatal. Selain itu, beberapa obat jamur dan kutu juga bisa dipakai untuk menghilangkan kutu dan jamur penyebab rasa gatal ini. Jangan mudah terpancing untuk menggaruk gatal-gatal ini karena bisa jadi infeksi pada kelamin bisa disertai nanah yang tentu saja akan membuat gatal-gatal menjadi semakin parah.