Gatal-Gatal Saat Mencukur Bulu Kemaluan Bisa Diatasi Dengan Tips Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu kegiatan yang sangat pribadi yang dilakukan oleh manusia adalah dengan mencukur buah kemaluannya. Meskipun terlihat sepele, bulu kemaluan yang dibiarkan terus memanjang akan membuat area organ vital pun menjadi lebih tidak nyaman. Selain itu, resiko meningkatnya kelembaban atau bahkan munculnya jamur yang bisa membuat gatal-gatal juga menjadi penyebab mengapa mencukur bulu kemaluan adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Tahukah anda, saat mencukur bulu kemaluan, kadangkala kita akan merasakan gatal-gatal yang tentu akan membuat kita merasa kurang nyaman dan terganggu. Adakah cara yang bisa kita lakukan agar rasa gatal ini bisa segera menghilang?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam mengatasi gatal-gatal saat mencukur bulu kemaluan adalah dengan memakai gunting terlebih dahulu untuk mencukur bulu kemaluan sebelum pada akhirnya “disempurnakan” oleh pisau cukur. Dengan menggunting bulu kemaluan hingga sanagt pendek, kita akan memberi kesempatan pisau cukur untuk menyempurnakan pencukuran bulu dengan lebih mudah dan menurunkan resiko terkena iritasi yang disebabkan oleh langsung memakai pisau cukur pada bulu kemaluan yang terlalu lebat. Hanya saja, ingatlah agar menggunakan pisau cukur yang steril dan masih tajam. Jika diperlukan, gunakan krim pencukur yang bisa membuat kita terhindari dari lecet-lecet.

Agar gatal-gatal tidak muncul, sebelum proses pencukuran bulu kemaluan, kita bisa mandi dengan air hangat terlebih dahulu. Dengan terkena air hangat, kulit pada area organ vital akan cenderung menjadi lebih lembut sekaligus mengalami pembukaan pori-pori dan folikel sehingga pencukuran rambut pun akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, cobalah untuk melakukan pemijatan ringan sebelum proses pencukuran dimulai untuk mencegah gatal-gatal muncul.

Ingatlah agar rajin-rajin mencukur bulu kemaluan dengan rutin. Selain bisa membuat area organ vital menjadi lebih nyaman, kita pun akan membuat area ini menjadi lebih bersih, bebas dari berbagai masalah kulit dan kelamin, serta terhindar dari masalah bau yang kurang sedap.