Gatal-Gatal Pada Telinga

DokterSehat.Com – Telinga adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Disamping memiliki fungsi utama sebagai organ pendengaran, telinga juga memiliki peran penting dalam membuat tubuhmu mendapatkan keseimbangan. Telinga juga memiliki beragam saraf yang sangat sensitif sehingga telinga cenderung mudah untuk merasa gatal-gatal. Masalah gatal-gatal pada telinga sendiri sering dianggap sebagai masalah yang biasa saja. Padahal, banyak kasus yang menunjukkan bahwa gatal-gatal pada telinga bisa menyebabkan masalah gatal kronis yang lebih buruk. Gatal di telinga sendiri bisa terjadi di area daun telinga atau di dalam lubang telinga. Sebelum anda menggaruknya dengan cotton bud, ada baiknya kita mengetahui mengapa telinga terasa gatal-gatal.

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Jika anda menderita penyakit psoriasis, maka anda biasanya akan mendapatkan gatal-gatal pada area belakang dan daun telinga. Psoriasis sendiri bisa menyebabkan kulit pada daun telinga menjadi kemerahan dan mengalami penggantian kulit dengan cepat. Meskipun terkesan ringan, psoriasis sebaiknya segera ditangani dengan obat-obatan khusus. Telinga juga bisa mengalami infeksi pada bagian luar. Biasanya, masalah infeksi ini terjadi pada mereka yang memiliki hobi berenang dan sering terkena air. Infeksi ini disebabkan oleh adanya jamur dan membuat telinga menjadi gatal-gatal, kemerahan, dan juga bengkak.

Untuk bagian dalam telinga, rasa gatal-gatal bisa disebabkan oleh cerumen yang sering kita anggap sebagai kotoran telinga. Jika kadar cerumen yang biasanya menyaring debu dan kotoran sekaligus melumasi liang telinga berada dalam titik yang rendah dan kurang mencukupi, maka kondisi dalam telinga pun bisa menjadi kering dan kulit dalam telinga bisa mengelupas dan menyebabkan gatal-gatal yang menyakitkan. Disamping itu, peradangan yang disebabkan oleh alergi layaknya alergi terhadap kosmetik juga bisa menyebabkan gatal-gatal di telinga.

Baca Juga:  Manfaat Sari Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Jika gatal-gatal di telinga terasa dalam jangka waktu yang lama dan bahkan menyebabkan rasa sakit, ada baiknya anda memeriksakan telinga ke dokter ahli sehingga masalah gatal-gatal ini bisa teratasi. Hal ini harus dilakukan mengingat gatal-gatal di telinga tidak selalu berada di luar atau daun telinga namun juga di dalam lubang telinga yang sulit dijangkau. Dengan penanganan yang tepat, telinga pun bisa terbebas dari berbagai masalah gatal-gatal yang membuat tubuh kurang nyaman.