Gatal-Gatal di Selangkangan

DokterSehat.Com – Area selangkangan adalah area yang cenderung lembab dan mengalami kekurangan sirkulasi udara. Tak percaya? Coba anda tanyakan pada diri anda sendiri seberapa lama anda melepas celana dalam anda dalam sehari? Area selangkangan hampir sepanjang hari tertutup dalam celana sehingga tentu resiko mendapatkan serangan jamur atau bahkan gatal-gatal cukup tinggi. Biasanya, kaum pria lebih sering mendapatkan resiko terkena gatal-gatal di area selangkangan dan bahkan kecenderungan ini sering dipakai sebagai bahan kelakar oleh banyak masyarakat, khususnya jika rasa gatal-gatal ini terjadi di tempat umum. Apa penyebab dari masalah gatal-gatal pada selangkangan?

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Area selangkangan cenderung lebih lembab dan terkena banyak gesekan kulit sehingga kita akan dengan mudah mengalami iritasi kulit atau masalah gatal-gatal. Jamur tentu sangat mudah tumbuh di area yang cenderung lembab layaknya di selangkangan, apalagi jika selangkangan ini kurang mendapat perhatian dan tidak dibersihkan dengan baik.

Agar area selangkangan tidak mudah mengalami gatal-gatal, ada baiknya anda harus memastikan area ini tidak terlalu lembab. Setelah mandi dengan bersih tanpa melupakan daerah selangkangan, ada baiknya kita memakai handuk untuk mengeringkan area selangkangan. Lakukan pengeringan dengan lembut hingga area selangkangan benar-benar kering. Jamur tentu tidak akan mudah tumbuh pada area yang cenderung tidak lembab, bukan? Kita juga bisa memakai pakaian yang cenderung longgar dan tidak terlalu ketat. Jika kita berada di dalam rumah seharian, jangan ragu memakai celana atau pakaian dalam yang cenderung longgar sehingga sirkulasi udara di selangkangan pun menjadi lebih baik sehingga area tersebut tidak lembab.

Anda bisa saja memakai krim atau salep yang memiliki kandungan hidrokortison yang bisa menjaga area selangkangan tidak mudah ditumbuhi oleh jamur. Disamping itu, jika selangkangan anda mengalami gatal-gatal, ada baiknya anda tidak menggaruknya terlebih dahulu karena gatal-gatal tersebut justru bisa menjadi semakin memburuk jika digaruk. Gunakan bedak anti jamur atau lotion dan gel anti gamur yang tidak begitu susah untuk meredakan iritasi dan juga gatal-gatal pada selangkangan.

Baca Juga:  Waspada Jenis-Jenis Kanker Yang Kerap Menyerang Pria