Gatal-Gatal di Kepala Tidak Selalu Disebabkan Oleh Ketombe

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan pada rambut yang sangat mengganggu adalah gatal-gatal pada rambut. Banyak orang yang merasakan gatal pada rambut dan kulit kepala yang sangat luar biasa, khususnya saat udara panas dan gerah. Seringkali kita akan segera menyalahkan ketombe sebagai biang keladi dari rasa gatal ini. Namun, tahukah anda, gatal-gatal ternyata tidak selalu disebabkan oleh ketombe. Pakar kesehatan rambut sendiri menyebutkan jika ada beberapa penyebab rasa gatal pada kulit kepala yang bukan disebabkan oleh ketombe seperti sebagai berikut.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Psoriasis kerap kali dianggap oleh masyarakat awam sebagai masalah ketombe yang berada dalam level yang lebih tinggi mengingat parahnya ketombe yang ditimbulkan penyakit ini. Padahal, ketombe adalah salah satu gejala yang ditunjukkan oleh psoriasis selain rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala, atau bahkan kerontokan rambut. Penyakit ini sendiri membutuhkan perawatan jangka panjang dan sulit untuk disembuhkan.

Penyakit kulit kepala lainnya yang bisa menyebabkan rasa gatal pada rambut adalah herpes zoster. Penyakit ini memang masih cukup langka untuk ditemui pada masyarakat. Namun, andai menyerang seseorang, maka muka hingga kulit kepala beresiko tinggi mengalami herpes dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan, area punggung dan dada bisa mengalami masalah yang sama. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan gatal-gatal luar biasa pada seluruh tubuh, khususnya kulit kepala, dan pada akhirnya bisa memicu kebotakan.

Tanpa kita sadari, diabetes ternyata juga bisa menjadi pemicu rasa gatal pada kulit kepala. Adanya penyakit berbahaya ini ternayta akan memicu kulit lebih cepat mengalami penuaan daripada biasanya. Selain itu, kulit kepala pun akan cenderung lebih bersisik dan kering sehingga akan sangat mudah memicu rasa gatal.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Gigitan Ular

Penyebab lainnya dari rasa gatal tak tertahankan pada kulit kepala adalah alopecia yang sangat langka terjadi pada manusia. Penyakit ini akan segera menyerang folikel rambut dan memicu bekas luka pada kulit kepala sehingga menyebabkan kerontokan. Selain itu, kulit kepala juga akan cenderung mengalami gatal-gatal hebat dengan sensasi terbakar atau bahkan perih.