Gatal di Selangkangan

DokterSehat.com – Sudah menjadi rahasia umum jika area selangkangan merupakan area yang sangat sensitif bagi tubuh manusia. Hal ini menjadi wajar mengingat area selangkangan nyaris selalu tertutup seharian penuh yang membuat area ini menjadi sangat lembab. Namun, dikarenakan kelembabannya, area selangkangan menjadi rawan untuk terkena gatal-gatal. Sebenarnya hal ini sangat mudah dicari solusinya, yakni cukup dengan menggaruknya. Namun, hal ini tentu saja tidak dapat dengan mudah dilakukan jika kita berada di tempat umum atau di waktu-waktu dimana tidak sopan untuk menggaruk area sensitif tersebut meskipun rasanya tidak tertahankan. Namun, ternyata rasa gatal ini juga tidak baik jika dibiarkan atau tidak ditanggulangi. Hal ini tentu saja karena posisinya yang sangat dekat dengan organ kelamin, dan juga rasa gatal tersebut adalah tanda adanya penyakit atau virus di area tersebut.



Penyebab paling umum rasa gatal ini adalah adanya bakteri atau kotoran pada pakaian yang dikenakan. Dikarenakan kondisi selangkangan kita yang lembab, maka bakteri yang telah ada tersebut pun dengan mudah berkembang biak dan menyerang kulit, namun gatal ini cukup mudah hilang dengan sendirinya. Selain ini, ada sebab-sebab lain seperti alergi makanan, atau celana dalam yang ternyata terlalu ketat. Penyebab lainnya adalah adanya jamur di area selangkangan yang butuh diobati dan membutuhkan waktu untuk pengobatannya atau virus dan bakteri yang ternyata dapat disebabkan oleh perilaku hubungan seksual yang tidak sehat.

Meskipun tidak begitu membahayakan, namun ada baiknya kita menghindari munculnya rasa gatal ini dengan berbagai cara sebagai berikut:

  • Mengurangi pemakaian celana ketat yang menghambat sirkulasi udara dan pengeringan keringat.
  • Memilih bahan celana dari katun yang lebih mudah menyerap keringat.
  • Ganti celana anda setidaknya dua kali sehari.
  • Rajin-rajinlah mengeringkan area selangkangan setelah mandi atau buang air untuk mencegah bertambahnya kelembaban di area tersebut.
  • Celana dalam bertipe boxer lebih dianjurkan untuk dipakai dibandingkan dengan celana dalam segitiga. Hal ini dikarenakan celana dalam boxer lebih baik untuk sirkulasi darah.
Baca Juga:  Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kelamin Wanita