Gatal dan Lecet di Puting, Gejala Awal Kanker Paget

DokterSehat.com – Paget merupakan jenis kanker payudara yang menyerang puting susu wanita. Awalnya, penyakit ini muncul sebagai luka terbuka lalu tumor mulai tumbuh dalam saluran air susu pada puting. Belum diketahui pasti penyebab munculnya penyakit paget. Wanita berusia 50 tahunan berisiko terkena penyakit ini.



Gejala

Paget biasanya ditandai dengan puting susu dan daerah berwarna coklat disekelilingnya nampak memerah, luka, meradang, dan mengalami perdarahan. Luka tersebut biasanya hanya terjadi pada satu puting susu dan sembuhnya lama. Selain itu, luka juga disertai dengan gatal-gatal, perih, puting tertarik ke dalam, dan mungkin mengeluarkan cairan dari puting tapi bukan cairan susu. Terkadang ditemukan pula benjolan.

Selain lecet yang mirip eksim, tanda lain yang perlu diwaspadai pada kanker paget adalah adanya kelenjar getah bening di daerah ketiak atau di dekat tulang selangka. Di dunia kedokteran, kelenjar ini disebut dengan istilah supraclavicular.

Paget hampir menyerupai eksim, dermatitis atau psoriaris sehingga untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan, biopsi dan jaringan payudara di bawahnya, mamagram dan sitologi kerokan kulit.

Pengobatan Penyakit Paget

Pengobatan utama penyakit paget adalah pembedahan. Jika paget hanya ditemukan di puting susu dan tidak ditemukan pada payudara maka pengangkatan cukup dilakukan pada puting susu dan jaringan di sekitarnya. Selain itu, pengobatan juga bisa dilakukan dengan terapi penyinaran.

Bila sel kankerjuga ditemukan dalam payudara maka perlu dilakukan terapi pembedahan, penyinaran, dan kemoterapi untuk mematikan sel-sel kanker. Kanker yang sudah menyebar keluar puting susu dan sudah terdapat di payudara maka perlu dilakukan Mastektomi (pengangkatan payudara).