Gastroenteritis pada Dewasa – Pengertian dan Jenis

Gastroenteritis adalah peradangan usus yang menyebabkan diare, kram perut, mual, kehilangan nafsu makan, dan gejala lain dari gangguan pencernaan. Pada orang dewasa, dua penyebab paling umum gastroenteritis adalah infeksi virus dan bakteri:

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Gastroenteritis Viral– Pada orang dewasa sehat, infeksi virus pada saluran pencernaan sering menjadi penyebab untuk episode ringan gastroenteritis. Infeksi virus ini termasuk virus Norwalk, rotavirus, adenovirus dan agen lainnya. Virus yang sangat menular, dan biasanya menyebar dari satu orang ke orang lain pada tangan kotor, atau melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, seperti berbagi makanan atau alat makan. Gastroenteritis Viral sering menyebar dengan sangat mudah di lembaga dan situasi lain di mana orang tinggal dalam jarak dekat, seperti penjara, rumah jompo, kapal pesiar, sekolah, asrama perguruan tinggi dan berkemah. Virus juga dapat menyebar ketika seseorang menyentuh tinja orang yang terinfeksi atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi dengan tinja yang terinfeksi. Untuk alasan ini, ibu dan perawat memiliki risiko terkena gastroenteritis virus, terutama jika mereka tidak mencuci tangan mereka secara menyeluruh setelah berurusan dengan popok kotor, pispot atau perlengkapan kamar mandi. Dalam beberapa situasi, agen yang menyebabkan gastroenteritis virus juga dapat ditemukan di dalam minuman atau makanan, terutama dalam air minum atau kerang yang telah terkontaminasi oleh limbah. Makanan yang tidak mengikuti prosedur sanitasi yang tepat juga dapat menyebarkan gastroenteritis viral dalam makanan yang disajikan di restoran dan kafetaria.

Gastroenteritis BakteriSalmonella, shigella, Campylobacter jejuni, E. coli dan jenis lain dari bakteri dapat menyebabkan gastroenteritis. Mereka dapat menyebar melalui bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, atau dengan minum atau makan makanan yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, penyakit ini disebabkan oleh toksin yang dihasilkan oleh bakteri yang tumbuh pada makanan yang telah disiapkan atau disimpan dengan tidak benar. Jika seseorang makan makanan penuh kuman ini, gejala gastroenteritis dipicu baik oleh bakteri sendiri atau produk toksin yang dihasilkan bakteri itu. Gejala toksin biasanya dimulai dalam beberapa jam. Gejala dari bakteri dapat terjadi dalam beberapa hari.

Baca Juga:  Gastroenteritis pada Dewasa - Diagnosis, Gejala, dan Pencegahan

Setiap tahun jutaan orang mengalami gastroenteritis melalui makan makanan yang tercemar, sementara jutaan lainnya menderita serangan gastroenteritis virus ringan. Pada orang dewasa sehat, kedua bentuk gastroenteritis cenderung ringan dan singkat, dan banyak episode yang tidak pernah dilaporkan ke dokter. Namun, pada orang tua dan orang-orang dengan kerusakan pertahanan kekebalan tubuh, gastroenteritis kadang-kadang dapat menghasilkan dehidrasi dan komplikasi berbahaya lainnya. Bahkan pada orang dewasa yang kuat, beberapa jenis bakteri yang agresif terkadang menyebabkan bentuk yang lebih serius dari keracunan makanan yang bisa menyebabkan demam tinggi dan gejala gastrointestinal yang parah, seperti diare berdarah dan berlendir.