Gara-Gara Tersedak Popcorn, Balita Ini Akhirnya Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Setiap orang tua memang harus memberikan pengawasan pada setiap tingkah laku anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangnya, apa yang terjadi pada pasangan Patrick Lawson dan Allison Lawson ini sungguh memilukan. Sang ibu, Allison, sedang merayakan ulang tahun bersama dengan suami dan keempat anaknya. Karena tidak begitu mengawasi perilaku sang putri bungsu bernama Miranda Grace Lawson yang masih berusia dua tahun, sang balita tiba tiba saja tersedak popcorn yang sedang Ia konsumsi hingga meninggal dunia. Pesta ulang tahun pun berubah menjadi sebuah bencana.

doktersehat-anak-kecil-tersedak

Saat tersedak, Miranda langsung mengalami hambatan pada saluran pernafasannya hingga matanya melotot. Panik, sang ayah pun langsung segera melakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau pertolongan pertama pada sang putri namun gagal. Alison pun segera memanggil paramedis. Sayangnya, jantung Miranda sudah tidak berdetak dan akhirnya dilarikan ke Virginia Commonwealth University Medical Center untuk mendapatkan perawatan dan alat bantu kehidupan hingga dua bulan lamanya. Meskipun terlihat mengalami kemajuan, kerusakan otak yang dialami Miranda diketahui sudah terlanjur sangat parah.

Kondisi Miranda diketahui sangat mengenaskan dan dokter pun seperti sudah putus asa dan bahkan meminta Patrick dan Allison untuk melakukan tes mati otak padanya, namun ditolak oleh pasangan ini. Sayangnya, pada tanggal 1 November 2016 lalu, Miranda menyerah dan menghembuskan nafas terakhirnya karena kerusakan otaknya sudah sangat parah.

Allison menyebutkan jika meskipun terlihat konyol, anak memang harus berhati-hati dan diawasi saat makan, termasuk mengkonsumsi popcorn yang menyebabkan Miranda harus meregang nyawa. Pakar kesehatan dari American Academy of Pediatric sendiri menyebutkan jika bukan hal yang aneh menemukan kasus anak dibawah usia tiga tahun meninggal dunia karena tersedak. Hal ini dikarenakan anak pada usia tersebut memang belum bisa mengunyah makanan dengan sempurna sehingga sangat beresiko tersangkut pada saluran pernafasan.

Baca Juga:  Makanan Dari Bahan Kedelai Ternyata Bisa Mengurangi Penderitaan Selama Menopause

Banyak makanan yang beresiko membuat anak di bawah usia tiga tahun tersedak layaknya hot dog, popcorn, anggur, potongan daging, atau bahkan permen. Ada baiknya orang tua tidak memberikan makanan-makanan tersebut terlebih dahulu hingga usianya mencapai lima tahun dan jangan pernah membiarkan anak makan dengan berlarian agar mereka tidak tersedak.