Gara-Gara Tangannya Tergores, Ibu Dua Anak Ini Akhirnya Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Sebuah cerita tragis terjadi di Essex, Inggris, dimana seorang ibu dari dua anak harus meninggal karena sepsis setelah menggaruk tangannya saat berkebun. Lucinda Smith, merasakan sakit pada bahunya di kemudian hari, namun sayangnya, saat Ia memeriksakan kondisinya ke dokter, Ia justru hanya mendapatkan resep obat pereda nyeri dan diminta untuk mengunjungi fisioterapis. Alih-alih sembuh, yang terjadi justru sang ibu meninggal dunia. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-tangan-terluka-sepsis-infeksi-darah

Ibunda dari Lucinda, Shirley Smith, menyebutkan jika ada kesalahan fatal yang dilakukan oleh dokter setempat saat Lucinda melaporkan kondisi bahunya yang merasakan nyeri luar biasa mengingat Ia hanya mendapatkan obat pereda nyeri saja. Sang dokter bahkan hanya berpikir jika Lucinda mengalami saraf terjepit. Dokter juga sama sekali tidak mengecek tekanan darah sebagaimana biasanya dan merekomendasikan untuk mengunjungi fisioterapis dan kembali dalam waktu seminggu atau dua minggu kemudian untuk kontrol.

Tiga hari kemudian, Lucinda akhirnya dilarikan ke UGD RS Basildon karena kondisinya semakin memburuk. Dokter pun akhirnya melakukan tes darah dan tekanan darah dan untuk pertama kalinya diketahui bahwa sang wanita malang ini menderita sepsis, kondisi dimana tubuh mengalami peradangan luar biasa yang disebabkan oleh infeksi. Meskipun sang dokter langsung memberikan antibiotik, namun kondisi sepsis yang dideritanya sudah sangat parah sehingga dua hari kemudian Ia pun meninggal dunia.

Sepsis sendiri adalah kondisi yang sangat berbahaya dan seringkali disebabkan oleh infeksi luka atau cedera. Sepsis membuat sistem imunitas tubuh bekerja secara berlebihan untuk menangkal infkesi sehingga menurunkan suplai darah ke berbagai organ vital sehingga bisa menyebabkan kerusakan organ atau bahkan kematian. Di Inggris sendiri, setiap tahunnya ada sekitar 150 ribu kasus stepsis dan memicu 44 ribu kematian.

Baca Juga:  Sepsis/ Infeksi Darah - Definisi, Penyebab, dan Faktor Risiko

Ditengarai, Lucinda terkena sepsis karena menggaruk tangannya saat berkebun hingga tergores. Sayangnya, luka gores ini tidak ditangani dengan baik sehingga Ia pun mengalami infeksi yang memicu dirinya terkena sepsis sehingga harus meregang nyawa.