Gara-Gara Petasan, Pria Ini Harus Merelakan Mata Kanannya Buta

DokterSehat.Com – Tak hanya makanan khasnya atau tradisi saling berkunjung dan bermaaf-maafan, Hari Raya Lebaran juga identik dengan petasan. Suara petasan yang meriah tentu akan membuat suasana Lebaran menjadi semakin semarak. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika petasan adalah benda yang berbahaya. Telah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan petasan yang membuat orang cedera atau bahkan meregang nyawa.

doktersehat-petasan

Salah satu kasus tentang petasan yang cukup mengenaskan juga terjadi di India. Tak tanggung-tanggung, seorang pria harus merelakan mata kanannya mengalami cedera berat akibat dari ledakan petasan di dekat wajahnya pada bulan September 2015 silam. Setelah ledakan tersebut, sang pria yang tidak disebutkan namanya pun langsung dilarikan ke IGD.

Dr. Jagat Ram, salah seorang pakar kesehatan yang berasal dari Postgraduate Institute of Medical Education and Research di India yang menangani kondisi kesehatan sang pria, menyebutkan jika setelah meledak, petasan ternyata juga mengeluarkan pecahan-pecahan yang akhirnya masuk ke dalam mata sang pria. Yang menjadi masalah adalah, pecahan petasan ini bahkan melekat pada kornea mata kanannya sehingga sangat sulit untuk dibersihkan. Beruntung, serpihan pada mata kirinya berhasil dibersihkan meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Setelah mendapatkan perawatan berupa antibiotik dan obat tetes mata khusus, penglihatan sang pria memang membaik. Sayangnya, bola mata kanannya sudah terlanjur pecah dan bahkan cairan dari bola mata tersebut sudah bocor. Alhasil, mata kanannya pun mengalami kondisi phthisis bulbi, kondisi dimana bola matanya semakin mengkerut dan tidak bisa lagi berfungsi sehingga menjadi buta.

Mata kiri dari sang pria memang masih bisa melihat, namun, pandangannya tergolong kabur dan tidak sesehat mata pada umumnya. Apa yang terjadi pada pria ini sepertinya bisa menjadi pelajaran bagi siapapun agar tidak sembarangan menggunakan petasan karena memang sangat berbahaya.