Gara-Gara Minum Antibiotik, Pria Ini Mengalami Alergi Parah Hingga Jatuh Koma!

DokterSehat.Com – Apa yang dialami oleh Matthew Burdick sungguh sangat mengenaskan. Pada bulan September lalu, Pria yang berasal dari Portland, Amerika Serikat ini harus dilarikan ke instalasi gawat darurat rumah sakit karena mengalami alergi yang sangat parah. Penyebab dari alergi ini pun sangat tidak biasa, yakni gara-gara obat antibiotik yang baru saja diminumnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat

Sang istri, Jessie Burdick menyebutkan jika awalnya Matthew berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksa kondisi kesehatan mata merah dan juga infeksi radang tenggorokan. Dokter pun segera memberikan resep antibiotik yang diharapkan segera mengatasi kedua masalah kesehatan tersebut. Sayangnya, setelah meminumnya, 48 jam kemudian Matthew mengalami alergi parah yang membuat wajahnya mengalami pembengkakan. Jessie bahkan menyebutkan jika pembengkakan pada mata dan rahang suaminya sangat mengerikan sehingga ia pun segera dilarikan ke rumah sakit.

Tim dokter yang merawat Matthew mendiagnosisnya terkena penyakit langka yang disebut sebagai Steven Johnson Syndrome. Penyakit ini memang sangat jarang terjadi dan disebabkan oleh konsumsi antibiotik. Bagi penderitanya, Ia akan mengalami gejala-gejala layaknya pembengkakan dan bahkan nekrolisis epidermal toksik atau kulit yang terkelupas. Sayangnya, kondisi Matthew semakin memburuk dan bahkan Ia mengalami koma sehingga harus diinduksi selama 45 hari. Matthew pun kemudian dirujuk ke rumah sakit Legacy Emmanuel Hospital di Portland dimana Ia terus dibius dan diberi tabung pernafasan.

Alergi yang dialami Matthew diketahui sudah mencapai paru-paru dan Ia pun harus menjalani beberapa operasi, termasuk diantaranya adalah transplantasi kornea mata. Gara-gara alerginya ini, Ia harus dirawat hampir tiga bulan lamanya di rumah sakit. Beruntung, Ia berhasil kembali sadar dan berangsur sembuh. Pada tanggal 3 Desember kemarin, Matthew bahkan sudah diperbolehkan pulang ke rumah untuk kembali hidup bersama dengan keluarganya tercinta.