Gara-Gara Memakai Alat Kontrasepsi, Banyak Wanita di Perancis Mengalami Komplikasi

DokterSehat.Com – Salah satu cara paling efektif untuk mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Begitu pentingnya alat ini, para produsen alat kontrasepsi pun berlomba-lomba untuk membuat alat yang aman dan efektif untuk digunakan. Namun, apa yang terjadi di Perancis sangatlah luar biasa dimana ada beberapa wanita yang mengajukan tuntutan pada salah satu produsen alat kontrasepsi karena menganggap alat yang mereka pakai memicu komplikasi penyakit pada tubuh mereka. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kontrasepsi-kb-spiral-iud-kehamilan

Gugatan yang sebenarnya dilakukan oleh dua orang wanita ini diwakili oleh seorang pengacara bernama Charles Joseph-Oudin. Joseph-Oudin bahkan menyebutkan jika sebenarnya sudah ada 30 kasus yang serupa yang pernah Ia tangani. Ia menyebutkan jika korban dari penggunaan alat kontrasepsi yang bernama implan Essure ini mengaku mengalami pendarahan, kelumpuhan dan tuli sementara, serta munculnya rasa nyeri pada leher. Padahal, pihak produsen alat kontrasepsi ini menyebutkan jika semenjak tahun 2001, sudah ada lebih dari satu juta peralatan yang digunakan oleh berbagai wanita di seluruh dunia. Di Perancis sendiri, pengguna implan Essure diyakini sudah mencapai 240 ribu orang.

Joseph-Oudin berkata jika kemungkinan adanya kandungan nikel pada implan Essure memicu beberapa jenis alergi pada tubuh. Selain itu, cara pemasangan dari alat kontrasepsi ini juga diyakini membuat banyak komplikasi penyakit muncul.

ANSM, Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Perancis mengaku jika sudah ada 242 laporan masalah kesehatan yang berkaitan dengan penggunaan alat kontrasepsi ini pada tahun 2015. Dalam 10 bulan tahun ini saja, sudah ada 162 pengaduan dan laporan yang berkaitan dengan implan Essure. Kementerian Kesehatan Perancis pun kemudian melakukan investigasi tentang hal ini. Pada tahun 2015, investigasi dari ANSM menyebutkan jika cara penggunaan implan Essure lah yang memicu berbagai komplikasi penyakit pada penggunanya.

Baca Juga:  KB Suntik Bisa Saja Memberikan Efek Samping Seperti Sebagai Berikut

Tak hanya dituntut oleh sejumlah pihak yang meminta ganti rugi sejumlah uang tertentu, banyak pihak yang bahkan kini menyuarakan kampanye penarikan implan Essure di pasaran hingga produsennya menjamin keamanan dan keselamatan dari produk ini.