Gara-Gara Makan Pancake Blueberry, Bocah Perempuan Ini Meninggal Dunia

DokterSehat.Com– Cerita tragis menimpa seorang gadis kecil berusia 9 tahun bernama Nainika Tikoo. Sebagaimana anak-anak lainnya, Tikoo suka mengkonsumsi pancake blueberry. Sayangnya, setelah menyantap makanan lezat ini, Ia justru meninggal dunia. Apa yang terjadi?



Sang ayah berpikir jika buah hatinya meninggal karena keracunan makanan. Bagaimana tidak, baru saja satu kali menggigit pancake blueberry tersebut, Tikoo langsung demam dan tubuhnya terlihat membiru. Ia pun segera dilarikan ke klinik terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan. Sayangnya, dokter tidak bisa menolongnya dan menyebutkan bahwa meninggalnya sang bocah ternyata disebabkan oleh alergi oleh bahan pembuat pancake tersebut.

Sang ayah bercerita bahwa sebelumnya Tikoo memang sangat jarang mengkonsumsi makanan dari produk susu seperti kue, roti, dan juga pancake. Tikoo juga belum pernah mengkonsumsi buah berjenis berry sebelumnya. Hanya saja, saat bepergian ke London bersamanya, Tikoo meminta pancake blueberry yang memang terlihat sangat lezat. Sayangnya, makanan inilah yang justru merenggut nyawanya.

Badan Kesehatan Dunia WHO menebutkan bahwa anak-anak memang cenderung rentan mengalami alergi pada makanan. Kasusnya bahkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan yang terjadi pada orang dewasa. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu alergi adalah produk susu, kedelai, telur, tepung, ikan, atau kacang-kacangan.

Bagi anak yang menderita alergi produk susu atau makanan yang terbuat dari bahan tepung, gejala alergi yang mereka alami biasanya adalah ruam-ruam kulit, diare, sesak nafas, demam, tubuh membiru, atau bahkan akhirnya memicu kematian.

Orang tua bisa mengetahui apakah anaknya mengalami alergi pada suatu makanan atau tidak dengan cara memberikan makanan tunggal pada saat anak masih bayi. Jika bayi sudah mengalami gejala alergi, ada baiknya Ia tidak diberi makanan tersebut karena bisa jadi berbahaya bagi kesehatannya.