Gara-Gara Disentuh Oleh Orang yang Belum Cuci Tangan, Bayi Ini Hampir Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Bayi memang memiliki penampilan yang bisa membuat kita merasa gemas sehingga ingin selalu menyentuh atau menciumnya. Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan menyentuh bayi apalagi jika kita belum cuci tangan karena bisa saja membuat bayi terkena penyakit. Sayangnya, hal ini tidak dilakukan pada seorang bayi yang berasal dari Memphis, Amerika Serikat. Bayi ini terkena virus pernafasan menular dan berbagai penyakit lainnya gara-gara disentuh oleh orang yang tidak mencuci tangan.

doktersehat-konsultasi-paru-doter-kanker-rokok-nyeri-dada-Pneumonia-Atipik

Sang ayah sendiri menyebutkan jika buah hatinya terkena meningitis dan harus dirawat di rumah sakit. Sang anak berjenis kelamin perempuan ini bahkan hampir meninggal dunia dan pihak rumah sakit bahkan sudah sempat berkata bahwa mereka tidak bisa melakukan apa-apa lagi untuk menyelamatkannya. Beruntung, sang buah hati akhirnya bisa kembali memiliki harapan untuk hidup setelah dipindahkan ke rumah sakit lain dan menggunakan ventilator.

Tak hanya meningitis, berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus pernafasan menular atau RSV ini menyerang sang anak layaknya pneumonia, bronchiolitis, hingga tidak berfungsinya paru-paru kanan. Menurut dokter yang menanganinya, besar kemungkinan sang anak disentuh oleh orang yang tidak mencuci tangannya atau tidak menutup mulutnya saat batuk-batuk atau bersin di depannya.

Dokter spesialis anak Ari Brown yang berasal dari Texas, Amerika Serikat, menyebutkan jika banyak orang tua yang berpikir jika asalkan anak selalu diselimuti saat suhu udara dingin, maka mereka tidak akan mudah terkena gangguan pernafasan. Padahal, suhu dingin bukanlah penyebab penyakit layaknya flu atau pneumonia. Beliau justru menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum menyentuh anak agar bisa lebih baik dalam mencegah penyakit yang berkaitan dengan RSV ini.

Baca Juga:  Bercak Merah Pada Pipi Bayi Disebabkan Oleh ASI?

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bayi demi mencegah bayi terkena berbagai penyakit yang berbahaya.