Ganti Obat Keputihan Anda Dengan Buah!

DokterSehat.Com – Keputihan bukanlah hal yang aneh di dengar oleh masyarakat khususnya bagi perempuan, hal ini dikarenakan sering terjadi dan dialami oleh para wanita baik sebelum atau sesudah menstruasi. Keputihan adalah normal, namun akan berbahaya jika keputihan ini telah menjadi penyakit, sering sekali keputihan diabaikan padahal bisa berbahaya dan menyebabkan kanker leher rahim atau kanker serviks.

12

Secara definisi keputihan atau flour albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Menurut dr. Sugi shuadi, spesialis kebidanan dan penyakit kankdungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, Keputihan adalah cairan yang berlebihan yan gkeluar dari vfagina. Keputihan ini dapat bersifat fisiologis dan patologis.

Bersifat fisiologis berarti dalam keadaan normal dimana masa subur juga terjadi pada saat sebelum dan setelah menstruasi, biasanya lendir berlebihan namun tidak gatal dan berbau. Sangat berbeda dengan keputihan bersifat patologis ( karena penyakit ) adalah keputihan yangmuncul karena infeksi pad avagina, adanya benda asing dalam vagina. Infeksi ini bisa terjadi karena bakteri, jamur atau protozoa. Ciri dari penyakit keputihan patologis berwanra kepala susu atau hijau kekuningan bahkan ada juga yang bercampur dengan darah.

Pengobatan

Kadang, cara dan obat alami membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga membuat Anda enggan menempuhnya dan lebih memilih untuk mengonsumsi obat berbahan kimia. Obat kimia meski membawa efek samping di kemudian hari, namun lebih cepat prosesnya.

Bahkan, ketika Anda mengobati keputihan sekalipun. anda tidak ingin kan mengorbankan kesehatan Anda nantinya? Makanya, coba cara alami dulu meski tidak langsung terasa khasiatnya. Misalnya saja dengan memanfaatkan beberapa Janis buah yang diyakini mampu mengatasi keputihan seperti berikut :

  • pisang
    Rasa manis, mudah didapat, dan banyak manfaat. Selain membantu melancarkan buang air pisang, buah pisang ternyata mampu mengobati masalah keputihan Anda. Nah, bagi Anda yang sering mengalami keputihan, Anda bisa mencegah dan mengobatinya dengan buah pisang. Caranya, cukup dengan mengonsumsi buah ini setiap hari. Atau, Anda bisa menambahkan susu dan madu saat mengonsumsi di pagi hari.
  • Buah delima
    Tak ketinggalan, buah delima juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengobati keputihan. Baik dimakan langsung atau dibuat jus seperti kesukaan Anda. bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan daunnya. Caranya, cukup ambil 30 lembar daun delima dan menggilingnya dengan tambahan merica. Campurkan hasil gilingan ini dan tambahkan air. Kemudian, Anda bisa meminumnya. Aman kok Ladies.
  • Jambu
    Selain buahnya, daun jambu juga bermanfaat untuk kesehatan Miss V Anda. gunakan air rebusan daun jambu ini sebagai pembersih area Miss V untuk mengatasi masalah keputihan.