Ganti Deodoran Anda dengan Bahan Alami!

Doktersehat.com – Sudah banyak penelitian yang menginformasikan bahwa penggunaan deodoran dapat menimbulkan masalah kesehatan. Mengapa demikian?



Kandungan bahan kimia seperti pasak, alumunium, antibakteri, petrokimia, dan paraben dalam deodaran inilah yang dapat membahayakan kesehatan. Studi yang dilakukan oleh Breast Cancer Research pada tahun 2009 mencatat bahwa penggunaan deodoran dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan timbulnya kista. Pasalnya, bahan-bahan kimia dalam  deodoran dapat menyerap dalam kulit sehingga memicu timbulnya kista di payudara.

Penelitian yang dilakukan di Inggris juga menemukan kandungan alumunium klorida dalam deodoran dapat mengganggu kinerja reseptor estrogen pada sel kanker payudara manusia. Sementara kandungan pasak bisa mengakibatkan penurunan polimer yang berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit kanker, toksisitas organ, dan cacat lahir.

Tak hanya itu saja bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam deodoran. Kandungan paraben juga dapat mengganggu kesuburan dan reproduksi wanita. Paraben sering digunakan dalam produk kosmetikdan kesehatan. Daya serapnya yang cepat masuk ke kulit, darah, dan sistem pencernaan dapat memicu timbulnya kanker payudara.

Environmental Health Perspectives mencatat hampir semua wanita dewasa di Amerika Serikat memiliki kandungan paraben dalam urinnya.

Sebagai langkah pencegahan terhadap dampak buruk dari deodoran. Anda bisa membuat sendiri deodoran dari bahan yang lebih alami yakni, kembang cendana, baking soda, dan minyak zaitun. Sebagaimana yang dilansir dalam Emaxhealth, ketiga bahan ini dipercaya bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ketiak Anda.

Sumber: okezone.com