Gangguan Schizotypal dan Pengobatanya

DokterSehat.Com – Ini adalah gangguan kepribadian dimana penderitanya memiliki kelainan dalam cara berpikir, dan cenderung berkeyakinan aneh dalam perkataan dan perbuatan yang kemudian berpengaruh terhadap pola berinteraksi dengan sesama.



Gejala

Sebenarnya penderita penyakit ini tetap dapat melakukan aktifitas secara normal, hanya saja tidak dapat membangun suatu hubungan yang seimbang dengan orang lain disekitarnya. Atau dalam kata lain penderita penyakit ini lebih suka menyendiri dan cenderung berhayal atau berhalusinasi tentang hal-hal yang sulit dijangkau manusia normal. Biasanya gangguan ini akan mulai dialami ketika penderita mulai beranjak dewasa.

Penyebab

Berbicara mengenai penyebabnya diketahui bahwa penyakit ini muncul dikarenakan terjadi penyimpangan perilaku penderita untuk menjalin relasi dan emosi dengan sesame sehingga menyebabkan hambatan dalam proses pergaulan dengan orang lain.

Diagnosa

Khusus untuk penyakit ini, metode diagnosis lebih ditujukan kepada penderita yang sudah mengalami kesulitan dalam membangun relasi yang baik karena sikap dan pola berpikir yang aneh. Namun inti utama dari pengobatan penyakit ini adalah dukungan dari orang terdekat seperti sahabat, keluarga dan ahli psikoterapi.

Pengobatan

Meski penyakit ini termasuk dalam penyakit kepribadian, namun penderita juga dapat diberikan pengobatan melalui konsumsi obat-obatan, tapi tetap yang lebih harus difokuskan adalah pengobatan melalui terapi motivasi yang melibatkan keluarga dan sahabat para penderita untuk membantu mengurangi depresi dan kegelisahan yang dialami penderita. Pada akhirnya kesimpulan dari pengobatan ini adalah upaya psikologis harus dilakukan terlebih dahulu meskipun upaya pengobatan medis untuk mengurangi gejala fisik juga harus dilakukan.