Gangguan Saraf Pada Mata Dan Pengobatannya

DokterSehat.Com – Gangguan pada saraf mata adalah photoreceptor yang kecil pada bagian retina atau pada permukaan bagian dalam di belakang mata yang merasakan ada cahaya dan mengirimkan sinyal kepada saraf mata, saraf mata membawa sinyal menuju otak. Masalah ini di manapun sepanjang bagian saraf mata atau kerusakan pada daerah di belakang otak yang merasakan informasi penglihan bisamenghasikan kehilangan pada pandangan/penglihatan. Penyebab nya kerusakan pada system saraf mata adalah tumor yang terdapat pada kelenjar pituitary menekan pada saraf mata tersebut.

2550703253_d16ccc890a_o

Ke 2 mata tersebut membawa sinyal dari mata menuju bagian belakang otak, pada pada otak tersebut disdebut optic chiasm, setiap saraf membelahdan separuhnya serat yang melintang di atas sisi lainya karena struktur/susunan anajtomi ini , saluran saraf yang rusak dapat menimbulkan pola khusus pada kehilangan penglihatan.

Sumber penyakit saraf mata

Pertanyaan berikutnya yang mungkin juga ada di benak Anda adalah apakah sumber atau yang menyebabkan terjadinya penyakit saraf mata ini. Penyakit saraf mata dapat diakibatkan karena beberapa pemicu, adapun pemicu tersebut antara lain :

Kelainan di mata, penambahan produksi cairan mata dari badan siliar, penyakit yang mempengaruhi saraf mata, pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata, bisa juga celah pupil yang kurang. Yang berikutnya adalah efek samping dari konsumsi beberapa macam obat-obatan. Dan yang terakhir adalah dari faktor genetik atau disebut juga faktor keturunan.

Tanda-tanda

Jika Anda mengalami penyakit saraf mata ini, maka Anda akan merasakan beberapa tanda-tanda. Yang pertama saat Anda melihat lampu neon ataupun sumber cahaya lainnya, akan terlihat warna pelangi di sekitar lampu tersebut. Yang kedua adalah mata terasa sakit ketika posisi mata keadaannya membengkak. Berikutnya penglihatan yang sebelumnya kabur seiring waktu menjadi kembali normal. Dan yang terakhir adalah rasa ingin mengedipkan mata secara terus menerus, bahkan tekanan pada kedipan biasanya menjadi berlebihan. Kesemua ini merupakan tanda-tanda Anda terkena penyakit saraf mata.

Baca Juga:  Hasil Riset Terbaru Menyatakan Bahwa Kopi Dapat Mencegah Banyak Penyakit Berbahaya

Saraf mata lemah

Ada pula yang disebut saraf mata lemah. Biasanya saraf mata lemah pada seseorang ditandai dengan mata minus, rabun, dan berbagai gangguan lainnya. Kesemua itu merupakan tanda sel saraf yang rusak ataupun lemah. Manusia itu mempunyai 6 otot yang berguna dalam menggerakkan bola mata ke berbagai arah. Apabila otot saraf mata Anda lemah, penglihatan bisa menjadi terganggu, di lain kasus Anda mungkin juga mengalami penglihatan ganda.

Pengobatan

Solusi penyembuhan yang terbaik jangan dengan memilih terapi sembarangan. Namun, ada baiknya jika Anda pergi ke dokter spesialis mata terlebih dahulu. Anda bisa meminta dokter melakukan pemeriksaan. Jangan lupa untuk menyampaikan keluhan Anda dengan jelas, sehingga dokter tidak akan salah mendiagnosis. Dokter mata akan memberikan resep dan solusi terbaik.

BACA JUGA : Bahaya Sering Memakai Sendal Jepit