Gangguan Psikosomatis

DokterSehat.Com – Gangguan psikosomatis atau somatisasi adalah gangguan psikis yang menyebabkan gangguan fisik. Pendek kata, psikosomatik adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran negatif dan/ atau masalah emosi. Masalah emosi itu antara lain rasa berdosa, merasa punya penyakit, stres, depresi, kecewa, kecemasan atau masalah emosi negatif lainnya. Gangguan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya.

doktersehat-nafas-terengah-engah-Aritmia-Gangguan-Irama-Jantung)

Perlu diketahui bahwa pikiran dapat menyebabkan gejala fisik. Sebagai contoh, ketika seseorang takut atau cemas dapat memacu detak jantung yang cepat, jantung berdebar, merasa sakit, gemetar (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, dan bernafas cepat. Gejala-gejala fisik tersebut melalui saraf otak mengirim impuls tersebut ke berbagai bagian tubuh, dan pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah.

Gejala
Gejala yang paling sering dikeluhkan oleh penderita psikosomatis adalah jantung berdebar, keluhan di organ lambung, sesak nafas, perasaan tidak nyaman saat bernafas, nyeri otot dan kesemutan.

Pengobatan
Psikosomatis adalah masalah psikis yang berakibat buruk pada tubuh. Jadi salah satu cara mengobati masalah psikosomatis adalah dengan cara mencintai kembali tubuh. Kita sering lupa akan anugrah tuhan yang luar biasa yaitu tubuh kita sendiri. Setiap hari dipakai tapi jarang diperhatikan.  Dengan mecintai tubuh anda akan lebih bisa mensyukuri anugrah tuhan.

Psikosomatis harus disembuhkan dari dalam dan luar tubuh. Dari dalam tubuh yang dimaksud adalah pikiran atau psikis kita. Cara yang paling gampang dan murah adalah dengan cara kembali kepada tuhan. Sembahyanglah, kalau perlu anda ikut yoga agar pikiran lebih rileks.