Gangguan Perilaku – Pengertian dan Gejala

Gangguan perilaku adalah gangguan serius dalam hal tingkah laku dan emosi yang dapat terjadi pada anak-anak maupun remaja. Anak dengan gangguan ini dapat menunjukkan pola tingkah laku yang mengganggu dan penuh kekerasan dan memiliki masalah dalam mengikuti peraturan. Gangguan perilaku yang tidak diatasi pada masa anak-anak dapat berlanjut menjadi gangguan keperibadian pada masa dewasa.

doktersehat-sindrom-tourette-anak

Sebenarnya bukan hal yang jarang terajadi untuk anak-anak dan remaja memiliki masalah yang berhubungan dengan perilaku selama perkembangan mereka. Namun, perilaku tersebut dianggap sebagai gangguan ketika bertahan lama dan melanggar hak orang lain, bertentangan norma-norma yang diterima dari perilaku dan mengganggu kehidupan sehari-hari anak atau keluarga.

Apakah gejala gangguan perilaku?
Gejala gangguan perilaku bervariasi tergantung pada usia anak dan apakah gangguan ini ringan, sedang, atau berat. Secara umum, gejala gangguan perilaku dibagi ke dalam empat kategori umum:

  • Perilaku agresif: Ini adalah perilaku yang mengancam atau membahayakan fisik dan mungkin termasuk pertengkaran, intimidasi, kejam kepada orang lain atau hewan, menggunakan senjata, dan memaksa orang lain ke dalam aktivitas seksual.
  • Perilaku destruktif: Ini melibatkan tindakan menghancurkan properti seperti pembakaran (dengan api, yang disengaja) dan vandalisme (merusak properti orang lain).
  • Perilaku menipu: Ini mungkin termasuk berbohong berulang, mengutil, atau membobol rumah atau mobil untuk mencuri.
  • Melanggar aturan: Ini melibatkan perlawanan aturan yang diterima masyarakat atau terlibat dalam perilaku yang tidak sesuai untuk usia seseorang. Perilaku ini mungkin termasuk melarikan diri, bolos sekolah, atau menjadi aktif secara seksual pada usia yang sangat muda.

Selain itu, banyak anak-anak dengan gangguan perilaku yang mudah tersinggung, memiliki harga diri yang rendah, dan cenderung emosional. Beberapa anak dan remaja dapat terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Anak-anak dengan gangguan perilaku sering tidak menyadari bahwa perilaku mereka dapat menyakiti orang lain dan umumnya memiliki sedikit rasa bersalah atau menyesal menyakiti orang lain.