Gangguan Pencernaan Juga Bisa Terjadi di Anak dan Bayi

DokterSehat.Com – Tahukah anda, lebih dari 70 persen pembentukan sistem imun bayi atau balita ternyata berada di saluran pencernaannya? Anak-anak memang masih dalam kondisi perkembangan tubuh sehingga saluran pencernaannya pun menjadi bagian yang sangar penting untuk kondisi kesehatannya. Jika saluran pencernaan mengalami gangguan, maka bisa jadi anak-anak akan mengalami kesusahan mencerna nutrisi yang bisa mempengaruhi pertumbuhan sang anak dan bahkan bisa menurunkan berat badan anak dengan signifikan.

shutterstock_151484555 copy

Anak yang mengalami gangguan pencernaan biasanya akan merasakan sakit pada perut. Jika rasa sakit perut ini berulang, maka bisa jadi saluran pencernaannya yang masih belum sempurna mengalami gangguan. Selain itu, saluran pencernaan secara keseluruhan bisa mengalami iritasi yang pada akhirnya memicu diare, sakit perut, hingga sembelit. Kita bisa menghentikan konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung rasa layaknya asam, asin, hingga manis pada anak-anak untuk membuat saluran pencernaan menjadi lebih rileks.

Saluran pencernaan anak juga bisa mengalami pendarahan jika anak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak cocok bagi perutnya. Saluran pencernaan pada bagian tukak bisa mengalami luka atau bisa membuat anak muntah-muntah dengan adanya bercak darah dan buang air besar dengan kotoran yang berwarna hitam. Selain itu, anak juga bisa mengalami penyempitan pada saluran usus 12 jari sehingga setelah kita berikan ASI, anak justru akan mengalami mintah-muntah.

Untuk mencegah gangguan pencernaan, kita harus menyadari jika anak yang masih pada usia bayi memiliki saluran pencernaan yang belum sempurna sehingga sebaiknya tidak dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang berat jika memang belum waktunya. Berikan ASI eksklusif jika memang anak masih belum bisa memakan makanan yang lebih berat dan jangan paksa anak untuk memakan makanan yang terlalu berat jika memang anak baru bisa mengkonsumsi makanan lembut layaknya bubur bayi. Jika anak sudah mengalami gangguan pada saluran pencernaan, anda bisa langsung memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan mencoba-coba untuk memberikan obat untuk dijadikan solusi bagi masalah pencernaan anak karena bisa membuat masalah yang jauh lebih besar bagi buah hati kita.

Baca Juga:  Benarkah Jus Jambu Biji Bisa Menaikkan Kadar Trombosit Pasien Demam Berdarah?