informasi kesehatan


Gangguan Panik

Gangguan Panik

            

DokterSehat.com – Gangguan yang ditandai dengan terjadinya rasa panik spontan dan tidak dapat diperkirakan kemunculannya. Gangguan ini biasanya menyerang anak usia remaja akhir atau masa dewasa awal dan biasanya bersifat kronik. Tiap penderita berbeda gejalanya.

Penyebab :

Penyebab dari gangguan seperti ini dimungkinkan karena faktor genetik, kegagalan mekanisme pertahanan terhadap impuls yang menyebabkan kecemasan, atau karena zat penyebab panik (panikogen) yang tidak seimbang.

Gejala :

Gejala umum, pasien tidak mampu menyebutkan sumber ketakutannya. Jika sedang mengalami serangan seperti itu, pasien biasanya berkeringat, gemetaran perasaan tercekik, rasa sesak napas, pusing, rasa takut mati, mati rasa dan menggigil. Serangan itu biasanya terjadi selama 20-30 menit dan hilang dengan perlahan, terkadang juga cepat.

Pengobatan :

Perawatan dilakukan dengan terapi obat, psikologis, dan sosial pada penderita. Namun yang terbaik adalah perhatian dari orang di sekitar pasien.

Sumber : detikhealth.com

pf button both Gangguan Panik


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Gangguan Panik”

  1. jojor baringbing says:

    bagaimana mengatasi atau mengurangi rasa panik yang sering mengganggu aktivitas??

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 0

  2. yudith says:

    Salam sehat jiwa ,
    Nama saya yudith dok,saya ingin bertanya tentang gangguan yg saya derita. Awal cerita saya terkena gastritis asam lmbung naik krn telat makan tp kopi dan rokok gak brenti2. Selama saya sakit semingguan krg lbh saya merasakan sensasi rasa takut mati atau perasaan seolah akan mati dok,cemas berlebihan dan gelisah krn pikiran2 saya yg negatif. Setelah lambung sudah agak baikan walau kdang msh kurang nyaman perutnya perasaan itu tetap ada, gejalanya:
    1.perasaan takut mati or seolah akan mati
    2.perasaan cemas berlebihan dan gelisah
    3.kaki dan tangan dingin
    4.kl rasa itu dtg perut sya kurang nyaman
    5.perasaan spt tercekik dok kl rasa itu sdg dtg smp2 saya lelah ktika berbicara panjang
    6.bawaannya dingin dok tp kl saya paksakan lawan jd tdk dingin
    7.kepala nggliyer dok
    8.perasaan aneh dan asing spt bukan saya
    Dll
    Saya srg tdr pagi dan sblm tdr kdang sk memikirkan hal yg aneh2 sehingga takut sendiri dan saya sring dikmr sndirian dan tdk ada aktivitas ,tp anehnya ketika saya sdg di tmp yg sya suka bgt spt pantai perasaan itu tidak berasa dan hampir hilang tp ktika saya kmbali ke rmh dan ke kmr perasaan itu dtg lg. Saya juga kerap menahan emosi yg besar dan kekecewaan di dlm hati smpe saya nyesek gt.
    Yg mau saya tanyakan apakah yg saya rasakan ini merupakan gangguan panik dan kecemasan berlebihan? Jika iya bagaimana penyembuhannya? Apakah ada yang membuka praktek untuk penyembuhannya?

    Terima kasih
    Mohon pencerahannya
    Semoga Tuhan memberkati kita semua

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0