Gangguan Mental Yang Tidak Boleh Diabaikan

DokterSehat.Com – Masalah kesehatan mental sering diungkap dengan sejumlah istilah seperti stress, depresi atau kegelisahan. Meskipun masalah kesehatan mental sangat umum dan memengaruhi hampir banyak orang, sigma dan diskriminasi terhadap orang dengan masalah kesehatan mental masih sangat kental.

8

Ada beberapa gejala kesehatan mental yang perlu Anda ketahui dan tidak boleh diabaikan, pasalnya apabila hal ini anda biarkan, penanganannya mungkin akan menjadi lebih berat. Berikut adalah gejala terkait masalah kesehatan mental yang tidak boleh Anda abaikan :

1. Mengantuk terus dan terlalu banyak tidur
Tidur nyenyak dimalam hari sangat penting bagi kesehatan jiwa dan raga seseorang. Saat seseorang terlalu banyak tidur justru akan membawa dampak negatif bagi jiwa yakni depresi dan masalah medis lainnya. Idealnya orang dewasa tidur selama delapan jam setiap hari namun jika setelah anda tidur delapan jam semalam namun tidak seperti telah tidur segera konsultasikan hal ini pada dokter keluarga anda.

2. Kurang tidur
Terlalu banyak tidur maupun kurang tidur sama-sama menjadi gejala masalah mental. Orang yang memiliki gejala insomnia seperti susah memulai tidur, sering bangun dimalam hari dan bangun terlalu awal  bisa menjadi tanda penting adanya stres dan depresi. Ini juga bisa disebabkan karena sleep apnea dan ketidak seimbangan hormon.

3. Jantung berdegup kencang
Ini adalah salah satu dari gejala serangan panik, bisa disertai ketidak teraturan denyut jantung. Serangan panik bisa menyerang tiba-tiba tanpa peringatan dan bahkan dengan alasan yang kurang masuk akal. Serangan panik merupakan suatu kondisi penuh tekanan yang dapat dialami seseorang dan berlangsung selama beberapa menit.

4. Sakit perut
Sakit perut tidak hanya bisa menandakan masalah pada pencernaan dan organ-organ yang ada didalam perut tetapi juga bisa menjadi pertanda penyakit jiwa. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa masalah pada perut sering terjadi pada orang dengan kecemasan kronis. Sakit perut ini biasanya akan membaik ketika seseorang berhasil mengatasi gejala kecemasannya.

Baca Juga:  Cara Mengobati Abses Otak

5. Sakit kepala
Terlalu tegang menghadapi masalah dan stress dapat menjadi pemicu sakit kepala. Jika anda sedang mengalami tekanan atau sedang menghadapi suatu masalah dan kemudian merasa pening dikepala maka sudah saatnya anda berhenti sejenak untuk menghilangkan masalah ini supaya tidak berlanjut menjadi masalah lain. Mempelajari beberapa tehnik relaksasi kadang kala bisa membantu.

6. Perubahan suasana hati (mood)
Perubahan suasana hati yang cepat merupakan salah satu masalah pada mental yang perlu mendapatkan perhatian. Saat seseorang mengalami ini dia bisa menjadi sangat gembira tetapi kemudian dengan cepat berubah menjadi sangat depresi. Gejala ini biasanya berulang dengan cepat dan menjadi gejala awal penyakit bipolar. Meskipun bersifat kronik penyakit ini dapat dikendalikan.