Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

DokterSehat.Com– Tingkat kesuburan wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kondisi kesehatannya. Beberapa gangguan kesehatan yang dialami wanita ternayat dapat memengaruhi peluang seseorang untuk hamil. Penyakit apa saja?

doktersehat-pusing-kepala

Gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi kondisi hormon wanita

Beberapa wanita yang mengalami gangguan kesehatan berikut ini cenderung memiliki masalah hormon yang dapat menyebabkan terganggunya program hamil mereka. Apa saja penyakit tersebut?

1. Ganggun fungsi tiroid
Beberapa gangguan fungsi tiroid seperti masalah tiroid, penyakit addison atau anemia pernisiosa dapat memengaruhi sel telur, sperma, dan masalah hormonal lainnya. Biasanya ganggua nfungsi tiroid ini juga mengakibatkan masalah terhadap pembuahan, proses omplantasi dan kehamilan.

2. Ketidakseimbangan hormon
Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah gangguan ketidakseimbangan hormon yang dapat mencegah ovulasi secara teratur. Kondisi ini umumnya ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur dan nyeri menstruasi berlebihan.

3. Penyakit autoimun
Penyakit autoimun seperti penyakit rematik, lupus dan rheumatoid arthritis juga merupakan salah satu penyakit yang dapat menghambat kehamilan pada wanita.

4. Fibroid

Fibroid adalah tumbuhnya sel tumor di dalam dinding rahim. Kondisi ini tidak diketahui apa penyebabnya, namun diduga penyebabnya adalah karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Fibroid umumnya tidak bermasalah, namun hal ini dapat memengaruhi kesuburan, keguguran, menyebabkan nyeri menstruasi dan keluarnya darah haid yang berkepanjangan.

5. Endometriosis
Endometriosis adalah radang pada sistem reproduksi wanita di mana jaringan dari lapisan dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim. Endometriosis membuat wanita lebih sulit hamil karena dapat memengaruhi saluran telur, kualitas telur dan pembuahan sel telur.

Penyakit di atas adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gangguan hormonal pada tubuh perempuan. Bagi Anda yang sedang berencana untuk menjalankan program hamil, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu agar dapat diketahui kendala dan cara penanganan yang tepat.