Gangguan Kesehatan Mental Pada Lansia

DokterSehat.Com – Menjadi tua merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh setiap manusia. Proses menua adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri/mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita.



Sebenarnya tidak ada batas yang tegas, pada usia berapa penampilan seseorang mulai menurun. Pada setiap orang, fungsi fisiologis alat tubuhnya sangat berbeda, baik dalam hal pencapaian puncak maupun menurunnya. Pada tahapan penuaan WHO telah memberikan batasan, yaitu usia pertengahan (middle age), ialah kelompok usia 45 sampai 59 tahun, lanjut usia (elderly) = antara 60 dan 74 tahun, lanjut usia tua (old) = antara 75 – 90 tahun, dan usia sangat tua (very old) = Di atas 90 tahun.

Seiring dengan proses penuaan, ada beberapa permasalahan baik fisik maupun mental  yang dialami seseorang. Postingan ini hanya akan membahas gangguan mental yang biasa terjadi pada orang lanjut usia, yaitu :

  • Pikun (demensia)
    Usia lanjut sering lupa tapi tidak menyadari tentang kehilangan kemampuan daya ingatnya. Perubahan kepribadian atau perilaku yang pada tahap lebih lanjut, usia lanjut dapat mengalami kebingungan, keluyuran (pergi tanpa tujuan), sering ngompol.
  • Tekanan jiwa (depresi)
    Usia lanjut sering mengeluh lelah, nyeri, pegal dan merasakan kehilangan minat akan hal yang menjadi kebiasaannya, cepat marah, cepat tersinggung. Selain gejala tersebut sering timbul gejala lain seperti perasaan rendah diri, sedih, kehilangan kesenangan, gangguan tidur, rasa bersalah, kehilangan kepercayaan diri, penurunan gairah seksual, perlambatan gerak dan bicara, gangguan nafsu makan, perasaan ingin mati/bunuh diri, konsentrasi buruk.
  • Cemas
    Secara fisik usia lanjut merasakan gejala ketegangan seperti jantung berdebar, sulit tidur, selanjutnya timbul gejala yang lebih jelas dengan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan.
  • Gangguan tidur
    Gangguan tidur adalah suatu keadaan yang sulit untuk tidur, tidur gelisah (tidur tidak menyegarkan), sering bangun mendadak pada waktu tidur, bangun sebelum waktunya.