Gangguan Kepribadian Ambang – Pengertian dan Penyebab

Gangguan-Kepribadian-Ambang-doktersehat

Gangguan kepribadian ambang atau Borderline personality disorder adalah suatu kondisi gangguan psikologis di mana penderitanya menunjukkan ketidakstabilan dalam suatu hubungan, suasana hati, dan citra diri.  Kondisi ini berdampak pada cara berpikir dan perasaan terhadap diri sendiri maupun orang lain disertai pola tingkah laku abnormal.

Selain itu, sikap dan perasaan seseorang yang mengalami gangguan kepribadian ini cenderung berubah-ubah dalam waktu yang singkat. Penderita tidak mampu mengembangkan pemikiran yang jernih dan mungkin tidak menyetujui sejumlah nilai, kesetiaan, dan karir.

Hal lain yang harus dikenali adalah penderita tidak mampu bertahan sendiri tanpa orang lain, hubungan personal yang kurang baik dan tidak bertahan lama, serta kurangnya sikap menerima dalam mendapatkan kritik.

Penyebab Gangguan Kepribadian Ambang

Para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan gangguan kepribadian ini. Akan tetapi, para ahli menduga bahwa gangguan ini terkait dengan bahan kimia di dalam otak yang  membantu pengontrolan suasana hati. Selain itu, penurunan fungsi dari zat-zat kimia pada otak, seperti serotonin, juga dikaitkan dengan gangguan kepribadian ini. Serotonin berfungsi mengendalikan suasana hati (mood).

Sementara itu, menurut beberapa penelitian, riwayat gangguan kepribadian yang dimiliki oleh salah satu anggota keluarga kemungkinan dapat diwariskan melalui gen ke anggota keluarga lain. Selain itu, orang yang mengalami gangguan ini biasanya pernah mendapatkan trauma masa kecil seperti penyalahgunaan zat terlarang, penelantaran, atau kematian orang tua. Risiko ini lebih tinggi bila orang-orang yang memiliki trauma masa kecil juga memiliki masalah kecemasan atau stres.

Gangguan Kepribadian Ambang – Halaman Selanjutnya: 1 2 3
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik