Gangguan Kecemasan – Jenis, Penyebab, dan Gejala

Gangguan kecemasan adalah gangguan kejiwaan di mana penderita tersebut mengalami kecemasan yang berlebihan dan mempengaruhi hidup normal mereka. Semua orang merasa cemas sekarang dan kemudian hari. Hal ini merupakan suatu emosi yang normal dialami semua orang. Banyak orang merasa gugup ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum ujian, atau membuat sebuah keputusan penting.

doktersehat-gangguan-kecemasan-kepribadian-menghindar

Meskipun begitu, gangguan kecemasan setiap orang memang berbeda. Gangguan kecemasan dapat menyebabkan penderitaan dan mengganggu kemampuan Anda untuk menjalani hidup normal.

Jenis gangguan kecemasan adalah penyakit mental yang serius. Bagi orang yang memilikinya, khawatir dan ketakutan yang konstan luar biasa, dan dapat melumpuhkan kehidupannya. Tapi dengan pengobatan, banyak orang dapat mengelola perasaan itu dan kembali ke kehidupan yang memuaskan.

Apa Saja Jenis Gangguan Kecemasan?
Ada beberapa jenis, termasuk:

Gangguan Panik. Orang dengan kondisi ini memiliki perasaan teror yang menyerang tiba-tiba dan berulang kali tanpa peringatan. Gejala lain dari serangan panik termasuk berkeringat, nyeri dada, palpitasi (detak jantung kencang atau tidak teratur), dan perasaan tersedak atau tercekik. Hal ini dapat merasa seperti Anda mengalami serangan jantung atau “tiba-tiba menjadi gila.”

Gangguan Kecemasan Sosial. Juga disebut fobia sosial, ini melibatkan khawatir berlebihan dan kesadaran diri tentang situasi sosial sehari-hari. khawatir sering berpusat pada takut dihakimi oleh orang lain, atau ketakutan ketika diri ini akan berperilaku memalukan atau menyebabkan ejekan.

Fobia Spesifik. Ini adalah ketakutan yang intens dari objek atau situasi tertentu, seperti ketinggian atau tempat sempit. Tingkat ketakutan biasanya tidak pantas untuk situasi yang sebenarnya sederhana dan dapat menyebabkan Anda menghindari situasi sehari-hari.

Gangguan Kecemasan Umum. Ini adalah rasa khawatir yang berlebihan, khawatir dan ketegangan yang tidak realistis, bahkan meskipun hanya ada sedikit yang menimbulkan kecemasan atau justru tidak ada yang memicu.

Baca Juga:  Sindrom Cushing - Diagnosis dan Pertanyaan untuk Dokter

Apa Gejala Gangguan Kecemasan?
Hal ini tergantung pada jenis gangguan kecemasan, tetapi gejala umum meliputi:

  • Perasaan panik, ketakutan, dan kegelisahan
  • Masalah tidur
  • Tangan atau kaki dingin atau berkeringat
  • Sesak napas
  • Palpitasi jantung (jantung berdetak kencang atau tidak beraturan)
  • Tidak bisa diam dan tenang
  • Mulut kering
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Mual
  • Ketegangan otot
  • Pusing

Apakah Penyebab Gangguan Kecemasan?
Penyebab pasti dari gangguan kecemasan tidak diketahui, namun gangguan kecemasan – seperti bentuk lain dari penyakit mental – bukan hasil dari kelemahan pribadi, cacat karakter, atau pendidikan yang buruk. Ilmuwan melanjutkan penelitian mereka pada penyakit mental, hal ini menjadi jelas bahwa banyak dari gangguan ini disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk perubahan zat kimia dalam otak dan stres lingkungan.

Seperti penyakit otak lainnya, gangguan kecemasan dapat disebabkan oleh masalah dalam fungsi sirkuit otak yang mengatur rasa takut dan emosi lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres berat atau tahan lama dapat mengubah sel-sel saraf di dalam sirkuit ini lalu mengirimkan informasi dari satu daerah otak yang lain.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang dengan gangguan kecemasan tertentu memiliki perubahan struktur otak tertentu yang mengontrol kenangan dikaitkan dengan emosi yang kuat. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan kecemasan dapat berjalan dalam keluarga, yang berarti bahwa mereka dapat setidaknya sebagian diwariskan dari satu atau kedua orang tua, mirip dengan risiko genetik untuk penyakit jantung atau kanker. Selain itu, faktor lingkungan tertentu – seperti trauma atau peristiwa penting – dapat memicu gangguan kecemasan pada orang yang memiliki kerentanan yang diwariskan untuk mengembangkan gangguan tersebut.