Gangguan Kecemasan – Penegakkan Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan

DokterSehat.Com – Gangguan kecemasan setiap orang memang berbeda. Gangguan kecemasan dapat menyebabkan penderitaan dan mengganggu kemampuan Anda untuk menjalani hidup normal.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Jenis gangguan kecemasan adalah penyakit mental yang serius. Bagi orang yang memilikinya, khawatir dan ketakutan yang konstan luar biasa, dan dapat melumpuhkan kehidupannya. Tapi dengan pengobatan, banyak orang dapat mengelola perasaan itu dan kembali ke kehidupan yang memuaskan.

Bagaimana Gangguan Kecemasan Didiagnosis?

Jika gejala gangguan kecemasan ada, dokter akan mulai evaluasi dengan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik. Meskipun tidak ada tes laboratorium untuk secara khusus mendiagnosis gangguan kecemasan, dokter dapat menggunakan berbagai tes untuk mencari penyakit medis lainnya sebagai penyebab gejala.

Jika tidak ada penyakit medis lain, Anda mungkin akan dirujuk ke psikiater, psikolog, atau profesional kesehatan mental lain yang dilatih khusus untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit mental. Psikiater dan psikolog menggunakan wawancara yang dirancang khusus dan alat penilaian untuk mengevaluasi seseorang dengan gangguan kecemasan.

Dokter mendasarkan diagnosis laporan pasien dari intensitas dan durasi gejala, termasuk masalah dengan kegiatan sehari-hari yang disebabkan oleh gejala, dan observasi dokter dari sikap dan perilaku pasien. Dokter kemudian menentukan apakah gejala pasien dan derajat disfungsi menunjukkan gangguan kecemasan tertentu.

Bagaimana Gangguan Kecemasan Diobati?

Untungnya, banyak kemajuan telah dibuat dalam dua dekade terakhir dalam pengobatan orang dengan penyakit mental, termasuk gangguan kecemasan. Meskipun pendekatan pengobatan yang tepat tergantung pada jenis gangguan, satu atau kombinasi dari terapi berikut dapat digunakan untuk sebagian besar gangguan kecemasan:

  • Obat: Obat yang digunakan untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan meliputi antidepresan, obat-obatan antikonvulsan tertentu dan antipsikotik dosis rendah, dan obat-obatan untuk mengurangi kecemasan lainnya.
  • Psikoterapi: Psikoterapi (sejenis konseling) membahas respon emosional untuk penyakit mental. Ini adalah proses di mana para profesional terlatih kesehatan mental membantu orang dengan berbicara melalui strategi untuk memahami dan menangani gangguan mereka.
  • Terapi kognitif-perilaku: Ini adalah jenis tertentu dari psikoterapi di mana seseorang belajar untuk mengenali dan mengubah pola pikir dan perilaku yang mengarah ke perasaan.
  • perubahan pola makan dan gaya hidup
  • terapi relaksasi
Baca Juga:  Apakah Lipidosis Itu?

Dapatkah Gangguan Kecemasan Dicegah?

Gangguan kecemasan tidak dapat dicegah; Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol atau mengurangi gejala:

  • Menghentikan atau mengurangi konsumsi produk yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cola, minuman energi, dan cokelat.
  • Tanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum mengambil obat-obatan atau obat herbal. Banyak bahan kimia tertentu yang dapat meningkatkan gejala kecemasan.
  • Mencari konseling dan dukungan jika Anda mulai merasa cemas secara teratur tanpa sebab yang jelas.