Gameboy Back, Gangguan Tulang Belakang Baru Akibat Kecanduan Gadget

DokterSehat.com – Kemajuan teknologi menyuguhkan bermacam kemudahan untuk masyarakat dari bermacam golongan usia. Namun hal ini tidak berarti kemajuan teknologi bebas dari efek samping. Menurut beberapa pakar asal Belanda, salah satu efek negatif dari perkembangan zaman adalah ‘Gameboy Back’. Apa itu Gameboy Back?



Dua dokter bedah dari Belanda, Andre Soeterbroek dan Piet van Loon memaparkan bahwa fenomena pemakaian teknologi yang cenderung berlebihan pada masyarakat modern menyebabkan peningkatan jumlah generasi muda yang terkena gangguan Gameboy Back.

Gameboy Back adalah kondisi dimana tulang belakang melengkung dan kadang sampai mengalami slipped disc atau herniated disc akibat kebiasaan anak-anak era modern yang kerap menghabiskan waktu untuk memainkan game konsol atau ponsel pintar.

Padahal menurut penuturan Soeterbroek dan van Loon, gejala seperti ini terakhir kali dijumpai pada masa perbudakan anak di benua Eropa, yakni lebih dari seratus tahun lalu.

Melalui artikel yang dipublikasikan di majalah kesehatan Medisch Contact, Belanda, van Loon dan Soeterbroek memaparkan bahwa gangguan ‘Gameboy Back’ paling sering dijumpai pada anak-anak dan remaja yang berusia antara 8 – 18 tahun.

Lebih lanjut van Loon memaparkan bahwa tulang manusia seperti pertumbuhan pohon bonsai, lantaran respon tulang sama dengan respon kayu yang jika dipaksa tumbuh ke suatu arah tertentu dalam jangka waktu panjang, maka tulang akan menyesuaikan dengan keadaan arah tunbuh tersebut.

Kendati demikian, kedua pakae bedah asal Belanda ini percaya bahwa masalahnya tidak terletak pada gadget. Jadi tak perlu membatasi pemakaian gadget atau ponsel pintar dan sejenisnya. Alih-alih melarang anak menggunakan ponsel pintar atau gadget, para orang tua lebih baik memberi perhatian dan penjelasan agar anak-anak membiasakan diri duduk dengan postur dan posisi yang benar pada saat bermain game konsol.

Baca Juga:  Cara Agar Anak Mau Mamakai Kaca Mata

Apabila para orangtua ingin mengetahui apakah anak-anaknya terkena Gameboy Back atau tidak, sebaiknya lakukan tes sederhana seperti yang disarankan Andre Soeterbroek dan Piet van Loon.

Minta anak Anda untuk membungkuk dan berusaha untuk menyentuh jari kaki sampai mereka tubuhnya membentuk seperti bentuk huruf ‘n’. Apabila anak mengidap Gameboy Back, maka anak tidak akan memiliki kemampuan yang cukup untuk melenturkan tubuh sampai menyentuh jari-jari kakinya sendiri.