Gak Nyangka, Warna Lensa Kacamata Hitam yang Berbeda-Beda Ternyata Ada Fungsinya

DokterSehat.Com– Saat kita memilih kacamata hitam, kebanyakan orang hanya memilih model atau warna lensa yang cenderung keren saat dipakai. Padahal, warna lensa dari kacamata hitam atau sunglasses yang berbeda-beda ini ternyata bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

doktersehat-kacamata-hitam-sunglasses

Meskipun kerap kali dianggap sebagai aksesoris, kacamata hitam sebenarnya dipakai sebagai pelindung mata dari paparan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya. Sebagai informasi, sinar UV ini bisa memicu tumbuhnya pterygium, semacam selaput mata yang akan tumbuh dari bagian putih mata ke bagian tengah mata yang tentu akan membuat gangguan penglihatan. Berikut adalah beberapa fungsi dari warna lensa kacamata hitam yang berbeda-beda.

Lensa warna abu-abu
Lensa kacamata hitam dengan warna abu-abu sangatlah populer karena terlihat keren. Selain itu, lensa kacamata ini bisa membuat kita tetap melihat benda dengan warna atau bentuk yang asli meskipun mampu menurunkan tingkat kecerahan yang membuat silau. Biasanya, lensa ini dipakai oleh para pilot. Mereka yang kerap berkendara di siang hari juga sangat direkomendasikan untuk memilih warna lensa ini.

Kuning atau oranye
Lensa kacamata hitam dengan warna oranye atau kuning ternyata sangat baik untuk dipakai saat kondisi sedikit berkabut atau cahaya cenderung rendah. Warna ini membuat kita mampu melihat benda dengan lebih tajam meskipun warna asli dari benda ini juga cenderung kabur. Lensa ini juga sangat cocok untuk dipakai saat mengemudi meskipun kita harus berhati-hati saat melihat rambu lalu lintas yang berwarna-warni.

Hijau
Lensa kacamata hitam ini akan menyaring paparan sinar biru sehingga membuat kita tidak terlalu silau. Pakar kesehatan lebih manyarankan lensa kacamata ini bagi mereka yang melakukan olahraga di luar ruangan seperti tenis atu golf. Lensa ini juga cocok untuk dipakai saat berlibur di pantai.

Cokelat tua
Lensa kacamata ini juga mampu menyaring paparan sinar biru. Lensa ini juga cocok untuk dipakai saat beraktifitas di luar ruangan, termasuk saat di pantai.

Pink dan kemerahan
Lensa kacamata ini bisa membuat mata lebih nyaman karena menurunkan tingkat kesilauan dengan signifikan. Kacamata dengan lensa ini cocok dipakai untuk berkendara atau pengguna komputer.