Gak Nyangka, Timun Ternyata Bisa Memberikan Manfaat Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Timun seringkali dijadikan bahan lalapan atau rujak yang sangat segar untuk dikonsumsi di suhu yang panas dan terik. Tak hanya itu, timun juga bisa dijadikan campuran minuman atau camilan yang menyegarkan. Tak disangka, timun ternyata bisa memberikan cukup banyak manfaat kesehatan yang tidak diduga seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

Membantu proses detoksifikasi tubuh
Makanan yang kita konsumsi, polusi udara, hingga penggunaan bahan kimia dari benda sehari-hari bisa menyebabkan racun memasuki tubuh dan menyebabkan datangnya penyakit. Beruntung, dengan makan timun, maka kita bisa mengeluarkan kandungan racun yang ada dalam tubuh kita dengan lebih efektif.

Menyehatkan pencernaan
Dengan mengkonsumsi timun yang kaya akan serat dan kandungan air, maka saluran pencernaan akan menjadi semakin sehat sekaligus meningkatkan metabolisme. Hal ini bisa berimbas pada terjaganya berat badan yang ideal.

Membuat nafas segar
Kita bisa mendapatkan nafas yang segar dan mencegah datangnya bau mulut dengan cara mengiris timun dan memasukannya ke dalam mulut selama 30 detik. Hal ini ternyata bisa membunuh berbagai bakteri yang bisa memicu datangnya bau mulut dengan efektif.

Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan di dalam timun ternyata bisa menurunkan kadar asam urat sehingga membantu menyehatkan organ ginjal kita.

Mencegah kanker
Rutin mengkonsumsi timun ternyata bisa menurunkan resiko terkena kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan cucurbactin yang bersifat antitumor sehingga mampu mencegah datangnya penyakit tersebut.

Melihat adanya berbagai manfaat sehat dari timun ini, kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari.