Gak Nyangka, Rajin Berdiri Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

manfaat-rajin-berdiri-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Fe Ilya

DokterSehat.ComРBanyak orang yang menganggap berdiri sebagai hal yang kurang menyenangkan untuk dilakukan. Sebagai contoh, saat naik kendaraan umum, kebanyakan orang akan tidak senang jika harus berdiri hingga sampai ke tempat tujuan. Mereka lebih suka untuk duduk santai menikmati perjalanan alih-alih merasakan pegal-pegal di kaki karena berdiri terlalu lama. Tak disangka, anggapan kurang menyenangkan dari berdiri ini dipatahkan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Inggris. Dengan berdiri saja, ternyata kita bisa mendapatkan manfaat luar biasa bagi kesehatan lho.

Photo Credit: flickr/ Fe Ilya

Dalam penelitian yang melibatkan 800 peserta ini, disebutkan bahwa para partisipan yang rajin berrdiri setidaknya dua jam dalam sehari mampu menurunkan kadar gula darah, lemak, hingga kolesterol dalam tubuhnya. Penurunan kadar gula darah mencapai 2 persen dan kadar trigliserida bisa menurun hingga 11 persen. Bahkan, kerap berdiri ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dengan signifikan.

Sudah menjadi rahasia umum jika kerap duduk dalam waktu yang lama bisa memicu datangnya penyakit mengingat kegiatan ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan lemak. Bahkan, banyak orang yang sampai mengalami masalah obesitas hanya gara-gara kerap bekerja sambil duduk sepanjang hari.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu mengeluh jika kita harus berdiri untuk beberapa saat, seperti di tengah-tengah angkutan umum atau saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Kita juga sebaiknya sering-sering menggerakkan badan baik itu berupa berjalan kaki atau melakukan aktifitas lainnya agar tubuh bisa tetap bugar, sehat, dan tidak mudah jatuh sakit meskipun pekerjaan kita menuntut kita untuk duduk dalam waktu yang lama.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik