Gak Nyangka, Munculnya Jerawat di Usia Remaja Ternyata Bisa Memberikan Keuntungan Ini

DokterSehat.Com– Jerawat termasuk dalam masalah kesehatan yang paling sering muncul pada usia remaja. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa 50 persen wanita di usia 20-an ternyata mengaku pernah mengalami masalah jerawat.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Hampir semua orang, khususnya para wanita yang mengaku memiliki masalah jerawat sejak usia remaja. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa sangatlah jarang masalah jerawat yang baru muncul di usia dewasa. Kebanyakan orang yang mengalami masalah kulit ini pasti juga pernah mengalaminya sejak usia remaja. Pakar kesehatan kulit dan kosmetik dr. Joshua Zeichner bahkan menyebutkan bahwa ada wanita yang masih tetap berjerawat hingga fase pra-menopause.

Munculnya jerawat seringkali dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon di dalam tubuh. Namun, faktor genetik atau keturunan ternyata juga menentukan. Hal ini berarti, jika kedua atau salah satu orang tua cenderung berjerawat saat usia remaja atau dewasa, maka anak-anak mereka nantinya juga biasanya akan mengalami masalah yang sama. Selain itu, pola makan dan kadar stress seseorang juga bisa mempengaruhi munculnya jerawat.

Yang menarik adalah, penelitian menyebutkan bahwa jerawat yang sudah muncul sejak usia remaja ternyata memberikan keuntungan tersendiri berupa mencegah masalah penuaan dini. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang berjerawat sejak remaja akan memiliki telomeres di masa depan. Telomeres adalah bagian ujung DNA yang memiliki peran penting dalam menjaga sel kulit agar tidak mudah mati secara dini. Hal ini tentu berperan besar dalam mencegah penuaan dini pada kulit.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa mereka yang cenderung tidak berjerawat saat remaja cenderung lebih mudah mengalami penuaan dini pada kulitnya.