Gak Ingin Jerawatan? Hindari Makanan Ini

DokterSehat.Com– Tak disangka, mitos yang menyebutkan bahwa jerawat bisa disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan tertentu ternyata benar adanya. Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, ditemukan makanan apa saja yang bisa memicu datangnya jerawat. Makanan apa sajakah itu?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Dalam penelitian ini, terdapat 32 orang partisipan yang dilibatkan. Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama mengalami masalah jerawat cukup parah dan kelompok lainnya memiliki kulit yang bersih. Setiap kelompok kemudian diminta untuk mencatat makanan apa saja yang mereka konsumsi selama 5 hari dan kemudian melakukan tes darah.

Dari semua partisipan, 61 persen diantaranya percaya jika makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kondisi kulit. Namun yang tidak disangka adalah, jika kebanyakan orang berpikir jika penyebab dari datangnya jerawat adalah makanan berrminyak, penelitian ini justru menunjukkan bahwa peserta yang kerap mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi serta kadar glikemik tinggi cenderung memiliki kondisi jerawat yang parah.

Sebagai informasi, indeks glikemik makanan bisa menentukan seberapa cepat kadar gula dalam darah naik setelah mengkonsumsinya. Beberapa jenis makanan yang tinggi indeks glikemiknya adalah nasi putih, kentang panggang, roti putih, kue, dan spaghetti. Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik rendah biasanya yang memiliki kadar serat tinggi layaknya sayuran, kacang merah, kacang mete, serta serelia yang masih utuh.

Para peneliti menduga jika makanan-makanan ini mampu memicu produksi insulin dengan berlebihan. Hal ini akan ikut mendorong pelepasan hormon androgen yang akhirnya membuat kulit memproduksi minyak dengan berlebihan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan jerawat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai memperhatikan asupan makanan karbohidrat agar tidak berlebihan sehingga kulit pun akan tetap mulus dan tidak mudah jerawatan.