Gak Cuma Bikin Gendut, Kebanyakan Duduk dan Nonton TV Juga Bisa Menyebabkan Hal Ini

DokterSehat.Com– Menonton acara televisi memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Cukup dengan duduk dan bersantai, kita bisa menikmati berbagai program televisi yang sangat menghibur. Sayangnya, hal ini ternyata bisa membuat kita terlena. Tak hanya membuat tubuh tidak bergerak dalam waktu yang lama, kita juga bisa dengan santai mengkonsumsi camilan tidak sehat saat menonton televisi sehingga akhirnya membuat berat badan kita naik.

doaktersehat-nonton-tv-laga-makan-pizza-popcorn

Yang menjadi masalah adalah, tidak hanya memicu kenaikan berat badan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kerap menonton televisi dalam waktu yang lama, yakni sekitar 5 jam atau lebih setiap hari, ternyata bisa berimbas pada masalah kesehatan lain, yakni gangguan atau kecacatan mobilitas di masa depan. Salah satu dari masalah mobilitas ini adalah kesulitan untuk berjalan di usia tua.

Fakta mengejutkan ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari George Washington University. Dalam penelitian ini, sejumlah partisipan dengan rentang usia 50 hingga 71 tahun dilibatkan untuk mengetahui kebiasaan mereka menonton televisi serta dampaknya bagi kesehatan tubuh. Hasilnya adalah, mereka yang terbiasa menonton televisi 5 jam atau lebih dalam sehari akan meningkatkan resiko terkena kecacatan mobilitas hingga 65 persen lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang menonton televisi kurang dari 2 jam dalam sehari.

Professor Loretta di Pietro, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan bahwa meskipun terlihat santai, dalam realitanya duduk dan menonton televisi dalam waktu yang lama ternyata termasuk dalam aktifitas yang paling berbahaya bagi kesehatan tubuh karena kemampuannya dalam membuat tubuh tidak bergerak. Jika dengan bertambahnya usia kita justru semakin jarang menggunakan otot-otot tubuh, termasuk otot kaki, maka ukuran dan kekuatannya juga akan semakin menurun. Akibatnya, kemampuan otot ini dalam menggerakkan tubuh juga semakin melemah.

Baca Juga:  Ini Alasan Mengapa Semakin Banyak Remaja yang Terkena Obesitas

Jika kita menambah kebiasaan menonton televisi ini dengan kebiasaan buruk seperti tidak berolahraga atau suka mengkonsumsi makanan cepat saji, maka kondisi kesehatan kita juga akan semakin memburuk.