Gagal Ginjal, Penyebab Pelawak Senior Eko DJ Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Berita duka kembali menyelimuti dunia seni tanah air. Pelawak senior Eko DJ dikabarkan meninggal dunia di usia 65 tahun. Menurut pihak keluarga, Eko yang juga ikut membesarkan grup lawak legendaris Srimulat ini meninggal dunia karena penyakit gagal ginjal. Dalam satu tahun terakhir, Eko rutin melakukan gagal ginjal karena penyakitnya ini. Sayangnya, dalam beberapa waktu terakhir, Eko sudah enggan melakukan cuci darah tersebut sehingga kondisi kesehatannya memburuk dan akhirnya meninggal dunia.



Pakar kesehatan menyebut gagal ginjal sebagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh menurunnya fungsi ginjal. Karena kondisi ini, ginjal tak lagi mampu menyaring atau membersihkan darah dari berbagai racun dan kotoran dan membuang berbagai limbah atau racun ini melalui urine. Penyebab dari gagal ginjal sendiri adalah karena kerusakan pada organ ini yang disebabkan oleh diabetes atau adanya penyumbatan layaknya penyakit batu ginjal. Dalam dunia kesehatan, gagal ginjal dibagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut membuat ginjal benar-benar tak bisa lagi menyaring limbah sementara gagal ginjal kronis disebabkan oleh semakin menurunnya kondisi ginjal yang tidak ditangani dengan benar.

Menurut pakar kesehatan, gejala awal dari gagal ginjal yang harus diwaspadai adalah berubahnya warna dan juga pola urine yang keluar saat kita buang air kecil. Urine akan cenderung memiliki warna yang lebih pucat, terkadang disertai dengan darah, dan juga memiliki banyak gelembung. Selain itu, kondisi ini juga membuat frekuensi buang air kecil, khususnya di malam hari, akan meningkat. Selain gejala ini, biasanya tubuh akan cenderung lebih mudah lelah, mengalami pembengkakan, hingga munculnya bau mulut. Dalam beberapa kasus, penderita gagal ginjal juga mengalami gangguan pencernaan, anemia, nyeri pada tulang, hingga sakit kepala.

Baca Juga:  Gagal Ginjal Akut - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Para penderita gagal ginjal harus melakukan cuci darah atau hemodialysis sepanjang hidupnya untuk memastikan darah di dalam tubuh terbebas dari berbagai limbah dan racun yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan atau bahkan kematian.