Gagal Ginjal Akut – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gagal ginjal akut adalah kondisi di mana ginjal tiba-tiba berhenti bekerja. Topik ini membahas tentang cedera ginjal yang terjadi mendadak atau dalam waktu singkat, sehingga disebut gagal ginjal akut. Jika Anda mencari informasi tentang penyakit ginjal jangka panjang, maka akan dibahas pada artikel Gagal Ginjal Kronik.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Apa Cedera Ginjal Akut Itu?
Ginjal befungsi untuk mengeluarkan produk limbah dan membantu keseimbangan air dan garam dan mineral lainnya (elektrolit) dalam darah. Ketika ginjal berhenti bekerja, produk, cairan limbah, dan elektrolit tertimbun dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang dapat mematikan.

Apa yang Menyebabkan Cedera Ginjal Akut?
Cedera ginjal akut memiliki tiga penyebab utama:

  • Penurunan aliran darah ke ginjal yang tiba-tiba. Kehilangan darah yang berat, cedera, atau infeksi yang buruk (sepsis) dapat mengurangi aliran darah ke ginjal. Tidak cukup cairan dalam tubuh (dehidrasi) juga dapat membahayakan ginjal.
  • Kerusakan ginjal dari beberapa obat-obatan, racun, atau infeksi. Kebanyakan orang tidak memiliki masalah ginjal karena obat-obatan. Tetapi orang-orang yang memiliki mengkonsumsi obat-obatan jangka panjang lebih berpotensi dibandingkan orang lain untuk memiliki masalah ginjal dari obat-obatan. Contoh obat-obatan yang kadang-kadang dapat membahayakan ginjal meliputi:
  1. Antibiotik, seperti gentamisin dan streptomisin.
  2. Obat nyeri, seperti naproxen dan ibuprofen.
  3. Beberapa obat tekanan darah, seperti inhibitor ACE.
  4. Pewarna yang digunakan dalam beberapa uji sinar X.
  • Penyumbatan mendadak pada aliran ginjal seperti tumor ginjal, batu ginjal, cedera, atau pembesaran kelenjar prostat dapat menyebabkan penyumbatan.

Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan cedera ginjal akut jika:

  • Usia yang semakin tua.
  • Memiliki masalah kesehatan jangka panjang seperti penyakit ginjal atau hati, diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau obesitas.
  • Dalam kondisi sudah sangat sakit dan berada di rumah sakit atau perawatan intensif (ICU). Operasi Jantung atau operasi perut atau transplantasi sumsum tulang dapat membuat Anda lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal.

Apa Saja Gejalanya?
Gejala cedera ginjal akut dapat meliputi:

  • Sedikit atau tidak ada urin ketika mencoba untuk buang air kecil.
  • Pembengkakan, terutama di kaki dan tangan.
  • Mual dan muntah.
  • Merasa bingung, cemas dan gelisah, atau mengantuk.
  • Nyeri di punggung belakang bawah tepat di bawah tulang rusuk. Ini disebut nyeri pinggang.

Beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Dan bagi orang-orang yang sudah cukup sakit, masalah yang menyebabkan cedera ginjal dapat menyebabkan gejala lain.

Bagaimana Cedera Ginjal Akut Didiagnosis?
Cedera ginjal akut paling sering didiagnosis selama tinggal di rumah sakit disebabkan penyakit lain. Jika Anda sudah di rumah sakit, tes darah dilakukan untuk mencari permasalahan yang sebenarnya tidak mengarah ke ginjal. Namun, tidak sengaja, kadar ureum kreatinin yang tinggi ditemukan, sehingga dokter menemukan masalah ginjal Anda.

Baca Juga:  Luka Bakar - Pelembab

Jika Anda tidak di rumah sakit, tetapi memiliki gejala cedera ginjal, dokter akan bertanya tentang gejala Anda, apa obat yang Anda konsumsi, dan kapan melakukan tes laboratorium terakhir.

Darah dan tes urine dapat memeriksa seberapa baik ginjal Anda bekerja. Tes kimia darah dapat menunjukkan kadar natrium (garam), kalium, dan kalsium. Anda juga dapat disarankan untuk melakukan USG. Tes pencitraan ini memungkinkan dokter melihat gambaran dari ginjal, apakah ada batu, atau cedera lainnya.

Bagaimana Penyakit ini Dirawat?
Dokter atau spesialis ginjal (nephrologist) akan mencoba untuk mengobati masalah yang menyebabkan cedera ginjal. Pengobatan dapat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Misalnya, dokter mungkin perlu untuk memulihkan aliran darah ke ginjal, menghentikan obat-obatan yang dapat menyebabkan masalah, atau menghilangkan penyumbatan di saluran kemih.

Pada saat yang sama, dokter akan mencoba untuk:

  • Menghentikan limbah kotor yang ada dalam tubuh. Anda mungkin harus cuci darah atau hemodialisa. Perawatan ini menggunakan mesin untuk menggantikan pekerjaan ginjal Anda sampai ginjal mereka sembuh. Ini akan membantu Anda merasa lebih baik.
  • Mencegah masalah lain. Anda dapat mengkonsumsi antibiotik untuk mencegah atau mengobati infeksi. Anda juga dapat mengkonsumsi obat lain untuk menyingkirkan cairan ekstra dan menjaga mineral tubuh seimbang.

Anda dapat membantu diri sendiri untuk segera sembuh dengan memberitahukan kepada dokter dengan jujur apa saja obat atau jamu yang Anda konsumsi. Anda mungkin juga harus mengikuti diet khusus untuk menjaga ginjal agar tidak bekerja terlalu keras. Anda mungkin perlu untuk membatasi natrium, kalium, dan fosfor. Seorang ahli gizi dapat membantu Anda merencanakan makanan.

Apakah Cedera Ginjal Akut Menyebabkan Masalah Seumur Hidup?
Dokter dapat memperbaiki masalah yang menyebabkan cedera ginjal. Perawatan membutuhkan waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Ginjal akan bekerja cukup baik bagi untuk hidup normal.

Tapi orang lain mungkin memiliki kerusakan ginjal permanen yang mengarah ke penyakit ginjal kronik. Sejumlah kecil dari mereka akan perlu melakukan hemodialisis biasa atau transplantasi ginjal. Orang dengan usia lanjut atau orang yang memiliki penyakit lainnya mungkin akan sulit untuk pulih.