Gadis Suka Minuman Manis Lebih Cepat Dapatkan Menstruasi

DokterSehat.Com – Semua anak akan mengalami pubertas mereka masing-masing. Ada yang lebih awal ada juga yang berjalan lambat, apalagi untuk masalah menstruasi. Ketika seorang gadis mengalami masa puber dan menstruasi pertamanya, perubahan pada fisik juga bisa mulai dilihat.



Tapi bagaimana jika menstruasi datang lebih cepat dari waktu pada umumnya remaja gadis mengalami hal tersebut? Hal ini sebenarnya tidak baik dan perlu diperhatikan. Umumnya, remaja perempuan akan mengalami menstruasi di kisaran usia 10-14 tahun dan mungkin paling lambat pada usia 16 tahun. Dikutip dari straitstimes.com, gadis remaja yang mengonsumsi banyak minum minuman manis akan mengalami menstruasi lebih awal dari umumnya.

Penelitian ini sangat penting karena terjadinya menstruasi pertama kali pada remaja gadis juga menentukan risikonya dalam terserang kanker payudara di kemudian hari. Meski bukti masih lemah, namun minuman bergula memiliki pengaruh terhadap kesehatan seorang wanita. Dalam penelitian ini, gadis yang minum minuman manis mengalami menstruasi 2,7 bulan lebih cepat dari gadis biasa.

Terjadinya percepatan menstruasi ini dipengaruhi juga oleh indeks massa tubuh atau berat badan, tinggi badan, olahraga dan asupan nutrisi harian. Semakin cepat menstruasi terjadi dikarenakan faktor eksternal, ada kemungkinan memiliki masalah kesehatan di kemudian hari. Jadi, mulai perhatikan asupan makanan dan minuman anak gadis Anda mulai sekarang ya Ladies.