Gadis Pengidap Vitiligo Ini Mengubah Kulit Belangnya Menjadi Karya Seni yang Indah

DokterSehat.Com – Ashley Soto yang baru berusia 21 tahun ini mengidap penyakit langka vitiligo, sebuah kelainan yang membuat kulitnya kekurangan pigmen. Karena penyakit ini, kulit pada beberapa bagian tubuhnya pun menjadi belang-belang. Pada awalnya, Ashley sangat tidak percaya diri dengan penampilannya kulitnya. Namun, Ia justru akhirnya berhasil mengatasi rasa tidak percaya diri tersebut dan kini justru berhasil membuat kelainan kulitnya ini menjadi karya seni yang sangat indah. Apa yang Ia lakukan dengan kulitnya?



Karena belang-belang pada kulitnya mirip dengan peta yang memisahkan daratan dan lautan, Ashley pun akhirnya sengaja menggambar batas yang menunjukkan perbedaan warna kulit diantara belang-belang tersebut. Alhasil, tubuhnya kini terlihat layaknya peta dunia atau bahkan hasil lukisan Vincent van Gogh bernama The Starry Night.

Ashley sendiri berkata bahwa semua ini berawal saat Ia secara iseng menggambar batas belang kulitnya dengan spidol hitam dan hasilnya ternyata sangat cantik. Ia pun langsung memutuskan untuk melukis kulitnya yang belang-belang ini karena bisa membuatnya lebih percaya diri.

Penyakit vitiligo ini sendiri mulai menyerang Ashley saat usianya 12 tahun. Awalnya, kondisi ini hanya muncul di lehernya saja. Namun, hanya dalam tempo satu tahun, 75 persen tubuh Ashley terkena vitiligo ini sehingga kulitnya pun terlihat belang-belang. Pada awalnya, Ashley sangat malu dengan kondisi ini, apalagi jika Ia harus memakai baju pantai saat berenang. Cukup banyak pula orang yang mencibir kelainan kulitnya sehingga Ia pun tidak percaya diri. Beruntung, sejak menemukan ide untuk melukis belang-belang ini, Ia kini justru lebih percaya diri untuk menunjukkan kondisi kulitnya yang sangat unik ini.

Pakar kesehatan dr. Sukmagita Pratidina SpKK dari RS Pondok Indah-Puri Indah berkata bahwa vitiligo adalah penyakit yang membut pigmen pada beberapa bagian kulit tertentu menghilang. Warna dari kulit yang terkena kondisi ini akan berubah menjadi putih susu yang menandakan bahwa di area tersebut sudah tidak ada lagi pigmen. Penyebab dari vitiligo sendiri adalah penyakit autoimun yang justru menyerang sel-sel pigmen kulit. Menurut dr. Gita, ada beberapa penyebab munculnya penyakit ini, dari faktor lingkungan, faktor oksidan, hingga faktor keturunan.