Gadis Muda Ini Terancam Menjadi Malin Kundang Dalam Dunia Nyata

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia tentu sangat akrab dengan cerita rakyat Malin Kundang yang berasal dari Sumatera Barat. Dalam cerita ini, tubuh Malin akhirnya membatu karena durhaka pada ibu kandungnya. Apa yang terjadi pada gadis muda berusia 23 tahun bernama Jasmin Floyd dari Amerika Serikat ini bisa jadi akan membuatnya menjadi Malin Kundang dalam dunia nyata. Hanya saja, tubuhnya terancam membatu bukan karena kutukan orang tuanya, melainkan karena terkena penyakit langka fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP). Seperti apakah penyakit langka in?

doktersehat-kelainan-tulang-kurva-skoliosis

FOP atau dalam kata lain disebut sebagai stone man syndrome adalah kondisi kelainan genetik yang sangat langka. International FOP Association sendiri menyebutkan jika hanya ada sekitar 800 orang di seluruh dunia yang melaporkan terkena penyakit ini. Tubuh penderita FOP perlahan-lahan akan terbungkus oleh lapisan tulang kerangka yang tak terkendali dan andai dibiarkan begitu saja, tubuhnya pun akan membatu.

Floyd sendiri berkata jika penyakit ini sangatlah menakutkan dirinya. Melalui laman blognya yang berjudul One Spirit, Two Skeleton, Ia menyebutkan jika penyakit ini telah mulai mengambil alih tubuhnya tanpa mampu Ia kendalikan lagi. Bagaimana tidak, Floyd bahkan kini sudah tidak mampu menggerakkan lehernya atau mengangkat tangannya ke atas kepala. Ia bahkan kesulitan untuk membungkuk mengingat tulang belakangnya sudah menyatu. Floyd juga sudah kesulitan untuk membuka mulutnya lebar-lebar mengingat tulang rahangnya juga mulai menyatu. Menurut dokter, saat usianya 30 tahun nantinya, tubuhnya kemungkinan sudah benar-benar membatu dan tak mampu lagi digerakkan.

Pakar kesehatan dr. Frederick Kaplan yang berasal dari University of Pennsylvania menyebutkan jika penyebab penyakit adalah adanya mutasi genetik pada tubuh yang membuat enzim pada tubuh yang seharusnya hanya akan aktif saat tulang mengalami kerusakan, justru terus aktif dan membentuk tulang baru. Dr. Kaplan dan timnya sendiri sedang berusaha keras untuk mencari obat untuk mengatasi penyakit ini. Semoga saja obat untuk penyakit ini bisa ditemukan sehingga Floyd bisa disembuhkan dari penyakit mengerikan ini.