Gadis Cilik Ini Mendonasikan Ginjalnya Untuk Balita Lain yang Sakit

DokterSehat.Com – Orangtua seorang balita bernama Xiwang sebenarnya sangat sedih mendapati putri kecilnya harus meninggal dunia karena penyakit cerebral palsy. Namun, sebuah keputusan besar dilakukan keduanya. Alih-alih mengkremasi tubuh putrinya, mereka memutuskan untuk mendonasikan organ tubuh sang gadis kecil agar bisa menyelamatkan anak-anak lain. Wong Xaifei, sang ibunda dari Xiwang menyebutkan jika ginjal dan liver dari sang putri sudah diberikan pada dua balita lain yang membutuhkan.

doktersehat-operasi-pisau

Sesuai namanya yang berarti harapan, Ibunda Xiwang ingin memberikan harapan hidup bagi anak-anak lainnya. Setelah mendapatkan ijin dari orang tua sang gadis kecil, tim dokter pun kemudian mengeluarkan organ tubuh sang gadis cilik yang kemudian dikirimkan ke Tianjin, dimana setidaknya ada dua anak lain yang sedang menunggu donor organ tersebut agar bisa bertahan hidup. Palang Merah dari kota Chifeng menyebutkan jika Xiwang adalah pendonor organ berjenis kelamin perempuan pertama yang berasal dari wilayah tersebut.

Xiwang sendiri diketahui meninggal dunia pada 9 Juni lalu pada pukul 17:30 di Chifeng City Hospital meskipun orang tuanya sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk mengobati penyakit yang diderita sang gadis kecil, yakni lebih dari 270 ribu yuan atau sekitar Rp 524 juta. Meskipun pada akhirnya meninggal dunia, orang tua Xiwang berharap agar orang tua lain bisa berharap anaknya terselamatkan oleh organ dari tubuh putrinya. Melihat adanya fakta ini, ada banyak orang yang ingin mendonasikan uang pada orang tua Xiwang. Namun, karena merasa masih mampu, orang tua Xiwang memutuskan untuk tidak menerima donasi dari siapapun.

Rumah sakit dari kota Tianjin menyebutkan jika proses transplantasi ginjal dan liver dari tubuh Xiwang ke dua anak lainnya berjalan dengan lancar dan kini kedua anak ini dalam kondisi yang stabil. Keluarga dari kedua anak tersebut pun sangat berterima kasih pada Xiwang dan kedua orang tuanya.