Gadis Cantik Ini Terkena Penyakit Kanker Tulang Langka

DokterSehat.Com – Belakangan ini, sebuah akun Instagram bernama @lolytagstna yang dimiliki oleh seorang gadis cantik bernama Loly mendapatkan perhatian besar dari pengguna internet tanah air. Gadis cantik ini ternyata terkena penyakit kanker tulang langka pada kakinya yang disebut sebagai Sarkoma Ewing. Seperti apakah penyakit Sarkoma Ewing ini?

doktersehat-lolytagstna-sarkoma-ewing

Photo Credit: Instagram/ lolytagstna

Dalam salah satu postingan pada akun Instagram tersebut, Loly bercerita bahwa gejala awal dari peyakit Sarkoma Ewing yang Ia derita adalah munculnya benjolan pada kaki. Tak disangka, benjolan yang dianggap sebagai cedera saat berolahraga ini adalah awal dari kanker tulang yang pada akhirnya membuat kakinya harus diamputasi. Bahkan, kini sang gadis harus melakukan perawatan medis karena kanker ini sudah menyebar ke organ paru-parunya.

Pakar kesehatan menyebutkan jika Sarkoma Ewing atau Ewing’s Sarcoma adalah sejenis kanker yang langka dan bisa menyerang tulang dan jaringan lunak di sekitarnya layaknya saraf dan juga tulang rawan. Yeng mengerikan adalah, kanker ini kerap menyerang mereka yang masih berusia remaja, yakni diantara 10 hingga 20 tahun. Di Amerika Serikat sendiri, setidaknya ada 200 anak yang menderita penyakit ini setiap tahunnya.

87 persen penderita Sarkoma Ewing mengalaminya di tulang-tulang layaknya tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, dan tulang bahu. Namun, penyakit ini bisa menyerang semua tulang yang ada di tubuh dan juga saraf. Sayangnya, penyebab dari munculnya penyakit kanker tulang ini belum diketahui mengingat tidak adanya faktor keturunan atau bahkan faktor lingkungan layaknya paparan radiasi hingga paparan zat kimia. Namun, pakar kesehatan menduga jika ada perubahan DNA yang terjadi setelah lahir yang menyebabkan munculnya kanker tulang ini.

Baca Juga:  Dikira Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh, Wanita Ini Ternyata Terkena Kanker

Loly menyebutkan jika amputasi yang terjadi pada kakinya adalah tindakan pencegahan penyebaran sel-sel kanker ke berbagai area lain dalam tubuhnya. Ia juga harus melakukan kemoterapi atau terapi radiasi agar bisa menyembuhkan penyakit yang sangat mengerikan ini.