Gadis Amerika Meninggal Setelah Otaknya Dimakan Amuba!

DokterSehat.Com – Nasib seseorang memang tidak ada yang tahu. Namun, nasib seorang gadis berusia 11 tahun yang berasal dari South Carolina, Amerika Serikat, brenama Hannah Collins ini sungguh mengenaskan. Ia harus meregang nyawa di usia yang sangat muda. Penyebabnya pun sangat langka dan hampir tidak masuk akal. Bagaimana tidak, tim dokter menyebutkan jika Ia mengalami infeksi yang disebabkan oleh amuba pemakan otak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-penyakit-alzheimer-tumor-otak-bakteri-Naegleria-Fowleri-Ginkgo-Biloba

Sebagaimana anak seusianya, Hannah suka bermain-main di luar rumah. Pada tanggal 24 Juli 2016, tanpa ragu, Ia pun menikmati hangatnya musim panas dengan berenang di sungai Edisto River yang memang tidak terlalu jauh dari tempat Ia tinggal. Sayangnya, tanpa Ia sadari, dari air sungai inilah, Ia terkena infeksi amuba pemakan otak yang sangat berbahaya dan mematikan. Alhasil, jaringan otaknya hancur dan Ia pun harus meregang nyawa karenanya.

Begitu mendapati anaknya kesakitan dan kondisi tubuhnya terus menurun, orang tua Hannah segera melarikannya ke Medical Univesity of South Carolina, Charleston. Sayangnya, pada Jumat malam, 5 Agustus 2016 waktu setempat, Hannah akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya dan kemudian segera dimakamkan.

Centers for Disesase Control and Prevention yang merupakan badan kesehatan yang berada di Amerika Serikat menyebutkan jika Hannah memang terpapar semacam amuba yang bernama Naegleria Fowleri. Organisme ini memang bisa ditemui di perairan hangat, yang kemungkinan besar berasal dari sungai Edisto River. Amuba ini memang mampu memicu infeksi yang membuat jaringan otak hancur sehingga kerusakan pada otak bisa mencapai 97 persen yang tentu akan membuat penderitanya meninggal dunia. Kasus Hannah sendiri bukan yang pertama kali. Pakar kesehatan setempat menyebutkan jika kasus yang serupa terjadi di Ohio dimana seorang gadis muda berusia 18 tahun juga terkena infeksi yang sama setelah melakukan olahraga rafting di National Whitewater Center, Charlotte, Negara bagian North Carolina, Amerika Serikat.