Gadis 23 Tahun Ini Terkena Kanker Lambung. Penyebabnya Ternyata Juga Sering Kita Lakukan

DokterSehat.Com– Siapa bilang kanker hanya menyerang mereka yang sudah tua. Dalam realitanya cukup banyak anak muda yang juga terkena penyakit berbahaya ini. Sebagai contoh, penyakit mematikan ini menimpa seorang gadis berusia 23 tahun dari Tiongkok bernama Xiaoding. Menjelang kelulusannya dari universitas, sang gadis justru harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya terkena kanker lambung. Apa penyebabnya?

doktersehat-kanker-lambung

Profesor Cheng Jing yang berasal dari Pusat Kanker Rumah Sakit Wuhan menyebutkan bahwa penyebab kanker lambung yang menimpa Xiaoding ternyata adalah kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang, yakni menjalani diet yang tidak sehat. Xiaoding diketahui ingin cepat menurunkan berat badan dengan cara tidak makan siang. Selain itu, Ia juga kerap begadang dan hobi mengkonsumsi makanan yang dibakar.

Memang, program dietnya berhasil membuat berat badannya turun dengan signifikan, namun, Ia kemudian mengalami sensasi sakit perut dan mual-mual yang luar biasa. Setelah memeriksakan diri ke dokter, barulah diketahui bahwa Ia sudah terkena kanker lambung stadium lanjut yang cenderung sulit untuk diobati.

Yang menjadi masalah adalah, kanker lambung pada anak muda ternyata cenderung lebih ganas jika dibandingkan dengan kanker lambung yang dialami oleh orang tua. Pakar kesehatan Zheng Qing yang berasal dari Rumah Sakit Renji dan Shanghai JiaTong University menyarankan kita untuk mewaspadai gejala kanker lambung layaknya nafsu makan yang berubah dengan drastis, penurunan berat badan dengan drastis, kotoran dengan warna hitam, dan sakit pada perut atau kembung.

Untuk mencegah datangnya kanker lambung, ada baiknya kita makan dengan teratur, tidak mengkonsumsi makanan dengan suhu yang ekstrim, tidak makan malam dengan porsi yang terlalu banyak, dan memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi dikunyah dengan baik sebelum ditelan.