Gadget Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Kulit

DokterSehat.Com – Gadget telah menjelma menjadi salah satu peralatan yang hampir tidak bisa dilepaskan oleh manusia. Dengan memakai gadget, kita bisa melakukan banyak kegiatan baik itu untuk keperluan bisnis atau untuk keperluan komunikasi. Dengan gadget, kita juga bisa melakukan komunikasi dengan banyak orang dalam waktu yang cepat meskipun berada dalam lokasi yang berjauhan. Banyaknya aplikasi dalam gadget juga bisa membuat kita bisa menghabiskan waktu untuk melakukan banyak hal. Sayangnya, dibalik banyaknya fungsi dari gadget, gadget juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-telinga-handphone

Telah banyak laporan tentang gadget yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata. Selain itu, gadget juga bisa memberikan dampak buruk melalui radiasinya sehingga bisa mengganggu perkembangan otak, membuat penyakit saraf pada tangan, atau bahkan mengganggu seksualitas pria. Tahukah anda, gadget ternyata juga bisa memberikan resiko meningkatkan resiko terkena kanker kulit?

Layar gadget baik itu smartphone, komputer,laptop, hingga tablet ternyata bisa memantulkan sinar ultraviolet dari matahari dengan adanya sistem reflektor yang ditengarai bisa menyimpan sinar ultraviolet dalam matahari dan akhirnya memantulkannya ke kulit wajah selama kita memakai gadget tersebut. Untuk membuktikan hal ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Alberqueque, Amerika Serikat dilakukan dengan memakai kepala manekin yang disorot sinar ultraviolet dan di depan manekin tersebut ada sebuah gadget yang aktif dan bisa memantulkan cahaya dari sinar ultraviolet. Penelitian ini membuktikan bahwa layar gadget yang sedang kita pakai dan kita lihat ternyata bisa memantulkan sinar ultraviolet langsung ke kulit wajah meskipun kita sudah memakai pelindung layaknya payung atau topi. Penelitian tersebut bahkan menunjukkan bahwa resiko untuk mendapatkan kanker kulit pada wajah bisa naik hingga 36 persen jika kita memakai gadget di luar ruangan.

Baca Juga:  Mencegah Komplikasi Diabetes Dengan Rutin Melakukan Cek Gula Darah

Pakar kesehatan berkata jika sebaiknya kita mengurangi ketergantungan kita pada gadget, khususnya jika kita tidak membutuhkan gadget untuk keperluan bisnis atau komunikasi yang penting. Disamping bisa membuat kita memiliki masalah dalam hal bersosialisasi, tubuh juga akan kurang sehat jika sering terpapar radiasi dari gadget. Bijak-bijaklah menggunakan teknologi sehingga kita pun tidak akan mendapatkan kerugian kesehatan karena penggunaan gadget yang berlebihan.