Gadget Bisa Membuat Gangguan Tidur Meskipun Tidak Dipakai Oleh Anak-Anak

DokterSehat.Com – Meskipun bisa membuat anak menjadi lebih senang karena bisa memainkan begitu banyak permainan atau mengakses dunia maya, pakar kesehatan telah berkali-kali menyebutkan jika gadget sebaiknya dijauhkan dari anak-anak, khususnya saat mereka menjelang tidur. Berbagai gadget baik itu ponsel, komputer, atau bahkan layar televisi sebaiknya tidak ditempatkan dalam kamar tidur anak karena secara signifikan menurunkan kualitas tidur mereka sehingga bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

doktersehat-handphone-gadget-anak-kecil-game-pornografi

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh King’s College London yang dilakukan dengan menganalisis data dari 125.198 anak dengan usia rata-rata 14,5 tahun dari tahun 2011 hingga tahun 2015. Hasilnya adalah, anak yang memiliki gadget di dalam kamarnya akan cenderung memiliki masalah kurang tidur dan mudah mengantuk pada saat siang hari atau saat berada di sekolah. Yang mengejutkan adalah, andaipun anak tidak menggunakan gadget ini di malam hari dan hanya meletakannya di meja atau kasur pada kamar tidur, anak-anak ini tetap saja mengalami masalah kesehatan tersebut.

Dr. Ben Carter, ketua penelitian ini, menyebutkan jika meskipun tidak digunakan, cahaya dari gadget tersebut ternyata mampu mempengaruhi ritme sirkadian pada anak-anak. Padahal, dari survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation Amerika Serikat pada tahun 2013, diketahui bahwa 72 persen anak-anak dan 89 persen para remaja setidaknya memiliki satu gadget di dalam kamar yang kerap kali digunakan menjelang mereka tertidur.

Paparan cahaya dari gadget layaknya ponsel atau bahkan televisi ternyata mampu menghambat pelepasan hormon melatonin, hormon yang sangat penting dalam memicu rasa kantuk sebelum tidur. Alhasil, anak pun akan mengalami masalah tidur yang berpengaruh buruk bagi kesehatannya dan perkembangan otak sekaligus fisiknya.

Pakar kesehatan menyarankan orang tua untuk meminta anak-anak berhenti bermain gadget 30 menit sebelum mereka tertidur. Selain itu, matikan kamar dan ciptakan suasana tenang di dalam kamar. Cobalah untuk tidak menyimpan gadget di dalam kamar anak agar mereka bisa selalu mendapatkan kualitas tidur yang baik.