Frozen Shoulder (Bahu Beku) – Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Frozen shoulder adalah kekakuan, nyeri, dan terbatasnya gerakan pada gerakan sendi bahu. Frozen shoulder (capsulitis adhesiva) dapat terjadi setelah cedera atau karena gerakan berlebihan atau dari penyakit seperti diabetes atau stroke. Jaringan di sekitar sendi menjadi kaku, membentuk jaringan parut, dan gerakan bahu menjadi sulit dan menyakitkan. Kondisi ini biasanya datang perlahan-lahan, kemudian hilang perlahan-lahan selama satu tahun atau lebih.

doktersehat-frozen-shoulder-bahu-beku

Apa Yang Menyebabkan Frozen Shoulder?
bBahu beku dapat berkembang ketika Anda berhenti menggunakan sendi biasanya karena sakit, cedera, atau kondisi kesehatan kronis, seperti diabetes atau stroke. Setiap masalah bahu dapat menyebabkan Frozen Shoulder jika Anda tidak melatih lingkup gerak sendinya.

Frozen Shoulder Terjadi:

  • Setelah operasi atau cedera.
  • Paling sering pada orang berusia 40 hingga 70 tahun.
  • Lebih sering pada wanita (terutama pada wanita pasca menopause) dibandingkan pada pria.
  • Paling sering pada orang dengan penyakit kronis.

Bagaimana Frozen Shoulder Didiagnosis?
Dokter mungkin menduga frozen shoulder jika pemeriksaan fisik mengungkapkan gerakan bahu terbatas. Pemeriksaan sinar X dapat dilakukan untuk melihat apakah gejala dari kondisi lain seperti arthritis atau patah tulang.

Bagaimana Perawatannya?
Pengobatan untuk frozen shoulder biasanya dimulai dengan obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) dan memberikan energi panas ke daerah yang terkena, diikuti oleh peregangan lembut. Es dan obat-obatan (termasuk suntikan kortikosteroid) juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Dan terapi fisik dapat membantu meningkatkan rentang gerak. Frozen shoulder dapat menghabiskan satu tahun atau lebih untuk menjadi lebih baik.

Jika pengobatan tidak membantu, operasi kadang-kadang dilakukan untuk melonggarkan beberapa jaringan ketat di sekitar bahu. Dua kali operasi sering dilakukan. Dalam satu operasi, disebut manipulasi di bawah anestesi, Anda ditidurkan dan kemudian lengan dipindah ke posisi yang peregangan. Operasi lainnya menggunakan arthroscope untuk memotong jaringan ketat dan jaringan parut. operasi ini dapat dilakukan pada waktu yang sama.

Baca Juga:  Amnesia Disosiatif - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apakah Frozen Shoulder Dapat Dicegah?
Latihan peregangan lembut dan progresif menggunakan bahu Anda lebih dapat membantu mencegah frozen shoulder setelah operasi atau cedera. Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan beberapa kasus ini, dan itu tidak mungkin untuk dicegah. Bersabar dan mengikuti saran dokter. Latihan optimal akan mendapat yang lebih baik asal dilakukan secara rutin.